PB | MANILA | Pemerintah melalui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani berharap terdapat peningkatan hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Jepang.
“Sudah 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Jepang terjalin,” ucap Menko Puan pada saat mendampingi Presiden Joko Widodo membahas sejumlah kerja sama investasi dalam pertemuan bilateral dengan Jepang di Manila, Minggu (12/11).
Dalam pertemuan bilateral yang digelar di sela-sela kunjungan pemimpin kedua negara untuk menghadiri rangkaian KTT ASEAN ke-31, Puan mengatakan kerja sama antara kedua belah pihak harus semakin membaik termasuk di bidang pendidikan, inovasi digital, vokasional, dan kebudayaan.
Puan dalam KTT ke-31 ASEAN tersebut diundang Selaku Ketua Pilar Sosial Budaya ASEAN di Indonesia yang telah menuntaskan 11 deklarasi ASEAN di bidang Ketenagakerjaan, Kesehatan, Kepemudaan, dan Lingkungan Hidup.
Pertemuan bilateral tersebut didahului dengan peluncuran logo 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Kemudian, dilanjutkan dengan pembahasan kegiatan-kegiatan commemorative dalam memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang.
Pertemuan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Shinzo Abe juga membicarakan berbagai kerja sama investasi yang terkait dengan pengembangan infrastruktur di Indonesia. Turut hadir mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (Agus)

loading...