PB JAKARTA – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI sejak tahun lalu telah menggulirkan sebuah program yang inspiratif bertajuk ‘IKKON’ (Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara) sebagai bagian dari pengembangan Ekonomi Kreatif.

Pada peluncuran program ‘IKKON’ 2017 kali ini dikukuhkan langsung oleh Kepala Bekraf, Triawan Munaf di Jakarta.

‘IKKON’ merupakan sebuah program yang menempatkan seseorang atau sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di tanah air yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomoi kreatif lokal.

Dalam pelaksanaannya, diharapkan para peserta ‘IKKON’ dan masyarakat lokal dapat saling berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi sehingga masing-masing pihak yang terlibat dapat saling memperoleh manfaat secara etis (Ethical Benefit Sharing) berkelanjutan demikian dijabarkan Kepala Bekraf, Triawan Munaf di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sesaat lalu.

Dikatakan Triawan, IKKON membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa. Kegiatan ini berintikan live in designer atau menempatkan para desainer yang berbasis urban-akademis untuk berkolaborasi dengan perajin lokal yang berbasis rural-komunitas.

IMG-20171119-WA002Selain itu, Triawan menambahkan, program IKKON‎ merupakan kegiatan yang bersifat komprehensif karena melibatkan beberapa personil dengan berbagai latar belakang pendidikan dalam satu tim, juga berkesinambungan dalam jangka waktu yang cukup panjang (5 bulan). “Karena itu dalam rekruitmen pesertanya diberlakukan syarat yang terbilang ketat, karena menyangkut tanggung jawab, komitmen dan kemampuan kerja dalam tim,” sambungnya.

Sebelumnya, pada ‘IKKON’ 2016 lalu beberapa produk yang dihasilkan telah diakui kualitasnya melalui beberapa pameran luar negeri. Sebagai contoh‎, desain motif dari Sylvie Arizkyani yang diwujudkan melalui keterampilan membatik Tarkinah dari kecamatan Salem, Brebes Jateng telah terpilih oleh kurator untuk ditampilkan di Salone del Mobile Milano Italia. 

Adapula karya perlengkapan makan dari bambu h1asil kolaborasi pelaku kreatif lokal dengan tim IKKON di Ngada, NTT telah mendapatkan penghargaan The Best Show pada Chiang Mai Design Week.

“Dengan adanya penghargaan Internasional ini tentunya memberikan dampak kepercayaan dari pasar atau konsumen sehingga hasil-hasil karya kolaborasi pada program IKKON juga dapat memberikan‎ dampak peningkatan harga atas produk dimaksud. Hal ini tentunya meningkatkan penghasilan para pelaku kreatif di daerah,” pungkas Triawan. (Beby Hendry)

loading...