PB PURWOREJO – Akibat hujan deras yang turun sejak pagi hingga sore, tebing setinggi 5 meter longsor menerjang dapur rumah milik Pujiono, warga Dusun Krajan RT 02 RW 01, Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Jumat (24/11) sekitar pukul 16.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun tembok dapur rumah milik Pujiono jebol. 

Menurut Pujono, sebelum kejadian dirinya sedang membuat kopi di dapur. Tiba-tiba terdengar gemuruh dari belakang rumahnya. Pujiono kemudian keluar rumah dan melihat tebing di belakang rumahnya mulai longsor. Pujiono kemudian mengajak istri dan anaknya untuk keluar rumah sambil mengawasi tebing yang sedang longsor. “Saya langsung membunyikan kentongan tanda bahaya dan berteriak minta tolong, “katanya. 

Sementara material longsoran tanah dari tebing setinggi 5 meter itu menerjang tembok dapur rumah Pijiono. Karena tidak kuat menahan material longsoran tanah dan pepohonan membuat tembok bagian dapur rumah jebol, sehingga menyebabkan material longsoran tanah masuk ke dalam rumah. 

Atap dapur juga ikut ambrol. Kendati demikian, keluarga Puniono selamat karena saat kejadian ruangan itu telah kosong. 

IMG-20171125-WA0217Mendengar bunyi kentongan, dalam waktu sekejap puluhan warga berdatangan memberikan pertolongan. Mereka kerja bhakti menyelamatkan peralatan rumah tangga dan harta benda yang berada di dapur untuk dibawa ke lokasi yang lebih aman. Mereka juga bergotong royong membersikan material tanah dan pecahan genting serta reruntuhan tembok. 

Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya, SIK, didampingi Wakapolres Kompol Sumaryono, Kasat Reskrim AKP Kholid Mawardi, SH, Kapolsek Bagelen AKP Sarjana, Camat Bagelen Bambang Setyo Budoto, SSos, Koramil serta jajaran Muspika Kecamatan Bagelen langsung meninjau ke lokasi kejadian.

Bahkan Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya, SIK, Wakapolres Kompol Sumaryono, serta jajarannya ikut bergabung bersama warga membersihkan material tanah longsoran. 

IMG-20171125-WA0219Belum diketahui berapa kerugian yang diderita Pujiono, namun ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. 

Sementara itu, menurut Sekretaris Kecamatan Bagelen, Bambang Wisnu, hujan deras disertai angin kencang juga merobohkan rumah Werdiningsih warga Dusun Segeluh RT 03 RW 05 Desa Bagelen. Akibat kejadian itu rumah Werdinigsih data dengan tanah sementara korban harus dilarikan ke RSUD Tjitrowardoyo karena mengalami luka-luka. (Wardoyo)

loading...