PB JAKARTA – Penyerang andal milik klub Persija Jakarta, Bambang Pamungkas ( Bepe) secara resmi dinobatkan sebagai salah satu ikon sepakbola Asia versi AFC.

Faktor tolak ukur ‎utama alasan asosiasi sepakbola Asia memilih Bepe yakni berdasar pada pencapaian individu legenda hidup Macan Kemayoran ini bersama timnas garuda dan beberapa klub yang pernah dibelanya, khususnya Persija Jakarta.

Tercatat Kapten klub kebanggaan suporter The Jakmania ini menjadi penampil terbanyak buat timnas Indonesia dengan 86 caps dengan torehan sebanyak 38 gol.

Dari segi prestasi, pencapaian Bepe selama 14 tahun berseragam timnas tidak sebagus yang diimpikan. Bepe hanya membawa Indonesia menjuarai Piala Kemerdekaan di edisi 2000 dan 2008.

Sementara selama 18 tahun berkiprah di klub Persija Jakarta‎, Bepe telah mencetak total 150 gol, baik dengan kedua kakinya maupun lewat sundulan kepalanya.

Pesona Bepe tak hanya tersalurkan di lapangan hijau, Pria kelahiran Semarang itu juga dicintai sponsor dan produk komersial ‎yang berlomba menjadikannya sebagai ‘brand ambassador’.

Karena itu pula, tak salah jika Bepe terpilih sebagai pembawa obor olimpiade 2012 di London bersama pengusaha muda Sandiaga Uno, Politikus Wanda Hamidah serta aktivis peduli perempuan, Ika Trifisusanti.

Figur- figur tersebut dianggap telah memberikan kontribusi dan inspirasi bagi masyarakat‎ luas.

AFC membeberkan kisah Bepe sejak pertama kali berkostum timnas hingga aksi pamungkasnya pada piala AFF 2012.

Menutup riwayat Bambang Pamungkas di situs resminya, Asosiasi Sepakbola Asia tersebut menegaskan bahwa Bepe ialah ” A True legend for both club and country, and true Asian icon”.‎ 

Diketahui, AFC sebelumnya telah ‎memilih nama-nama pemain top dunia asal Jepang, antara lain, Shinji Kagawa yang berseragam Borussia Dortmund yang juga pernah di klub MU,  serta Hidetoshi Nakata yang bermain di sejumlah klub elit Italia yakni AS Roma, Fiorentina, Parma, Bologna dan Perugia. (Beby Hendry)

loading...