PB, JAKARTA – Rupanya Menteri Pertanian, ANdi Arman Sulaiman, lebih menganggap masyarakat Indonesia “manja” ketika harga daging mencapai hingga Rp. 100.000 perkilogram di pasar. Arman meminta agar masyarakat Indonesia mau mengkonsumsi “tutut” alias bekicot atau keong sawah.

Rupanya pernyataan Amran ini mendapatkan tanggapan keras, bahkan ada yang menyindir dengan mengatakan, jika bekicot habis lalu makan kecebong. Kecebong adalah salah satu hewan transformasi dari telur kodok kemudian menjadi kecebong lalu kembali menjadi kodok atau katak lagi.

Tapi sindiran tersebut leboih ditujukan kepada pendukung Jokowi. Hal ini berawal ketika Jokowi melepas beberapa ekor kodok di Istana negara, Bahkan tingkah laku anak Jokowi yang sering memakai topi dengan bertuliskan “Kolektor Kecebong” semakin mempercepat “proses” menyematkan nama Kecebong kepada pendukung Jokowi.

Langkanya daging dan berimbas pada mahalnya harga daging, rupanya menjadi sebuah solusi dari salah satu pengguna sosila media yang lebih dikenal sebagai pengarang novel remaja. Zara Zettira, yang juga dikenal sebagai salah satu penulis naskah film televisi dan juga sering bertindak sebagai sutradara.

Zara Zettira yang biasa disapa dengan nama inisial ZZ sedang mencoba untuk membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk bisa mengenal daging dari hewan padang pasir, Unta. Menurutnya daging Unta merupakan salah satu daging yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan daging lainnya.

Awalnya banyak yang tidak percaya dengan postingan ZZ melalui akun sosial media miliknya, terkait dengan rencana untuk mendatangkan Unta dari Australia. Namun ternyata ZZ melalui akun sosmed lain miliknya, kembali menegaskana jika rencana untuk mendatangkan Unta ke Indonesia pada bulan Februari 2018 nanti adalah benar.

ZZ mengharapkan warga Indonesia mau untuk mengambil Unta yang akan dikirimkannya nanti, dan ternyata tanggapannya cukup baik. Bagi mereka yang berminat dapat menghubungi email atas nama ramadizara@gmail.com dengan memberikan judul email “UNTA utama”. Atau yang masih ingin mengetahui info lebih lanjut bisa menghubungi akun atas nama @agus_suhendar.

ZZ menyediakan lahan kosong miliknya bagi yang berminat untuk memiliki Unta, namun tidak memiliki lahan untuk dipelihara, atau untuk memelihara unta dilahan pribadi juga bisa. Unta dikenal sebagai hewan yang sangat tahan lapar dan minum selama tiga bulan berturut-turut.

Beberapa khasiat Unta yang dapat dimanfaatkan untuk manusia, selain daging unta yang dikenal sangat cocok untuk orang yang memiliki pantangan mengkonsumsi daging akibat kolesterol, karena daging unta dikenal memiliki nol persen kolesterol.

1. Mengobati penyakit asma

Khasiat daging unta yang pertama adalah untuk mengobati asma atau sesak nafas. Cara mengkonsumsinya adalah dengan memakan olahan yang terbuat dari unta. Biasanya menu favorit yang menjadi incaran adalah sate unta. Selain dagingnya, hati unta juga sangat cocok dijadikan suplemen bagi penderita asma. Hati unta perlu disangrai atau dipanggang hingga kering kemudian dijadikan bubuk. Bubuk hati unta inilah yang harus dikonsumsi penderita asma 3 kali sehari masing-masing 1 sendok.  Meski sudah terbukti manjur, harga hati unta yang tidak murah serta habitat unta yang hanya ada di gurun pasir selama ini masih menjadi kendala.

2. Menghilangkan rasa lelah

Untuk mengobati kelelahan, cukup konsumsi daging unta tanpa bumbu. Cara ini sangat efektif untuk mengisi kembali energi dalam waktu singkat. Manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui cara ini hampir sama dengan manfaat mengkonsumsi umbi-umbian.

Anda juga bisa menjadikan hati unta sebagai doping alami. Caranya, sangrai hati unta dan jadikan bubuk. Setelah itu, rendam bubuk hati unta dalam segelas air hangat. Tunggu sejenak hingga air berubah menjadi hitam dan minumlah air rendaman tersebut.

3. Mengobati batuk

Mengkonsumsi daging dan hati unta juga dipercaya mampu mengobati batuk dan meringankan sakit tenggorokan. cara mengkonsumsinya sama dengan memanfaatkan daging unta untuk mengatasi rasa lelah.

4. Mengendalikan kolestrol

Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi daging tapi takut kolesterol melonjak, mungkin daging unta bisa menjadi solusinya. Daging hewan berpunuk ini dipercaya nihil lemak jenuh atau kolesterol sehingga aman bagi penderita kolesterol tinggi. Kolesterol sendiri merupakan penyakit yang sering menjadi penyebab utama serangan jantung dan stroke.

Meski dinilai zero kolesterol, Anda harus tetap hati-hati dalam mengkonsumsi olahan daging unta. Hal ini dikarenakan kolesterol bisa saja muncul dari proses pemasakan seperti proses penggorengan dan penambahan santan.

5. Mengandung protein

Sama seperti khasiat daging berwarna merah lainnya yang menjadi sumber protein, daging unta juga mengandung protein cukup tinggi sehingga sangat baik untuk memenuhi nutrisi tubuh. Protein sendiri merupakan zat yang berguna untuk membentuk masa otot dan memperbaiki jaringan yang rusak.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Daging unta dipercaya mengandung senyawa aktif yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, tentu saja tubuh akan terhindar dari infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit.

7. Mengobati autisme

Selain dagingnya, susu unta juga memiliki manfaat yang tak kalah besar. Susu unta dipercaya mampu mengobati autisme jika dikonsumsi secara teratur. Meski belum ada penelitian mengenai khasiat susu unta untuk mengobati autisme, nyatanya sudah banyak yang membuktikan khasiatnya. Bahkan, ada sebuah peternakan unta di jerman yang membuka fisioterapi khusus penderita autisme dengan memanfaatkan susu unta.

8. Menghambat diabetes

Dalam daging dan susu unta terkandung insulin. Insulin sendiri merupakan zat yang berguna untuk mengontrol gula dalam darah. Oleh karenanya, mengkonsumsi susu dan daging unta dipercaya mampu menghambat diabetes, khususnya diabetes tipe I.

9. Melawan kanker

Selain daging dan juga susu, air seni unta ternyata juga memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan. Mungkin akan terdengar sedikit menjijikkan. Tapi, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Faten Abdel Khorshid mera membuktikan bahwa air kencing unta dapat melawan kanker.

Pada penelitian yang dilakukan selama 5 tahun ini terungkap bahwa air kencing unta mengandung partikel nano yang mampu melawan sel kanker. Partikel nano ini akan membunuh sel kanker namun akan tetap membiarkan sel yang sehat untuk hidup. Tak hanya dapat mengobati kanker, air kencing unta ternyata juga dapat mengobati hepatitis secara tuntas.

10. Menghentikan perdarahan

Unta memang binatang yang benar-benar istimewa. Selain dapat bertahan hidup tanpa minum selama satu bulan, unta juga dapat dimanfaatkan untuk menghentikan perdarahan. Kali ini yang dimanfaatkan bukanlah dagingnya, melainkan bulunya yang super tebal. Bulu unta dipercaya mampu menghentikan perdarahan luar dengan cara dibakar hingga menjadi abu. Abu inilah yang kemudian dioleskan pada bagian yang terluka.

 

 

loading...