PB, JAKARTA – Rupanya pengawasan terhadap orang asing yang ada di Indonesia, masih jauh dari harapan. Masih banyak warga negara asing yang lolos masuk ke Indonesia, bahkan sudah sangat meresahkan.

Dan yang paling meresahkan adalah masuknya warga asing dari negara China yang sampai saat ini menjadi pertanyaan banyak warga Indonesia begitu banyak. Karena tidak jarang ada yang melihat langsung atau mencoba berkomunikasi dengan mereka, namun ketahuan tidak bisa berbahasa Indonesia.

Salah satunya adalah pengalaman penumpang Commuter Line jurusan Bogor – Jakarta, yang merasakan langsung ketika bertemu dengan sepasang warga China yang dianggap ilegal.

Legalitas mereka dipertanyakan, karena selain mereka tidka bisa berbahasa Indonesia, mereka juga tidak memiliki Passpor namun anehnya memiliki KTP Elektronik Indonesia.

Kok bisa yaa, datang ke Indonesia ga punya passport tapi punya e-KTP,,,ngomong Indonesia ga bisa, di interogasi oleh salah satu penumpang commuter line yg bisa bahasa China, katanya pasport ditahan sponsor, kejadian hari ini perjalanan commuter line Bogor ke Jakarta kota, mau jd apa negeri ini, org China gentayangan semaunya di Bumi Pertiwi tanpa adanya pengawasan aparat terutama pihak imigrasi.”

Tulisan itu dikirim ke redaksi pembawaberita.com karena merasa gerah dan jengkel dnegan kinerja pihak Imigrasi Indonesia yang seakan akan sengaja meloloskan warga negara China ke Indonesia.

“Jujur kami ingin tahu bagaimana caranya untuk bisa melaporkan mereka ke Imigrasi, paling tidak ada nomor telepon yang bisa kami hubungi agar pihak Imigrasi bisa menangkap mereka,” ujarnya, bahkan penumpang wanita ini sempat menanyakan apakah warga Indonesia boleh menahan warga asing ilegal jika kemudian diketemukan.

(jall)

loading...