PB Jakarta, 5 Desember 2017 – Anak-anak sebagai generasi penerus merupakan aset yan g berharga bagi setiap Negara di dunia. Dengan banyaknya potensi anak-anak yang memiliki daya kreatifitas serta inovasi yang tinggi, diharapkan kesejahteraan dan kemajuan Negara itu akan ikut berkembang. Tahun ini, PT Panasonic Gobel Indonesia kembali menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan daya kreatifitas serta inovasi dari anak-anak Indonesia melalui ajang Kid Witness News (KWN).

Program KWN merupakan kompetisi pembuatan video berdurasi 5 menit untuk anak-anak usia 10-15 tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kepekaan anak-anak Indonesia terhadap kehidupan di sekitarnya dan menjelaskannya melalui sebuah karya video kreatif. Program ini telah dilaksanakan secara global selama 28 tahun dan mulai dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2003.

Viya Arsawireja, Head of Corporate CommunicationsPT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan “Kami selalu berupaya untuk berkontribusi dalam mengembangkan potensi anak-anak Indonesia di bidang kreatif. Kali ini kami menghadirkan kembali Kid Witness News untuk ke 14 kalinya di Indonesia dengan tema “Uniknya Duniaku” untuk mencari talenta muda yang mampu menyampaikan pandangan suaranya melalui cara yang kreatif.”

Untuk mengikuti program ini, 1 tim siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Mengengah Pertama (SMP) yang terdiri dari 2-10 orang dapat mendaftarkan sekolahnya serta mengirimkan skrip cerita melalui website KWN www.kwn-id.net paling lambat tanggal 22 Desember 2017. .Kemudian para juri akan memilih 6 skrip dengan jalan cerita terbaik (3 skrip dari tingkat SD dan 3 skrip dari tingkat SMP) yang akan mendapatkan workshop eksklusif dari video director dan script director langsung di sekolah masing-masing.

Enam sekolah dengan naskah terbaik akan diberikan bantuan berupa 1 unit kamera PV100 untuk merealisasikan skrip yang telah mereka buat menjadi sebuah video kreatif. Setelah itu akan dipilih 1 video terbaik dari tingkat SD dan SMP untuk mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 10 juta bagi masing-masing tim.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak yang kredibel dan profesional untuk menghasilkan penilaian yang objektif yaitu London School Public Relation (LSPR), Chistine Hakim (Aktris & Film Producer), Hilman Mutasi (Indonesian Script Writer), dan juga Oddy Harahap (Indonesian Movie Director) untuk proses penjurian. Kami yakin bahwa anak-anak Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan karya-karya yang tidak hanya indah, namun juga menginspirasi. Nantinya kami akan memilih video terbaik untuk diperkenalkan kepada anak-anak lainnya di seluruh dunia,” tambah Viya Arsawireja.

Christine Hakim, artis senior Indonesia serta Dewan Juri untuk program Kid Witness News 2017 ini mengatakan “ Program ini memberi motivasi sineas-sineas muda berbakat indonesia untuk berkarya, untuk kedua kalinya menjadi bagian dari Kid Witness News saya yakin anak anak bangsa Indonesia mampu untuk berkompetisi diajang ini untuk menjadi yang terbaik.” 

KWN sendiri merupakan program pendidikan global yang dicanangkan oleh Panasonic Corporation, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan komunikasi, serta meningkatkan kerjasama tim melalui produksi video oleh anak-anak di tingkat SD dan SMP. Pemenang dari kompetisi KWN di Indonesia ini nantinya akan dilombakan pada KWN Global yang diikuti oleh anak-anak dari seluruh dunia. (Dirawantara)

loading...