PB, Kendari –  Palaksa Lanal Kendari Letkol Laut (KH) Fredie A. Tamara, SH., M.H. mengatakan mahasiswa baru Universitas Halu Oleo (UHO) memiliki semangat bela negara yang sangat tinggi.

“Semangat ini harus tetap dipelihara dan dipupuk,” ujar Palaksa kepada pembawaberita.com melalui saluran selulernya, Sabtu (9/12).

IMG-20171209-WA0152Lanjut Letkol Fredie, semangat mahasiswa baru UHO yang  tinggi itu tergambar dari respon dan antusiasme mereka saat mengikuti materi bela negara yang dipaparkannya.

“Kemarin saya memberikan materi bela negara kepada dua ribuan mahasiswa, dan hari ini sekira tiga ratus yang mana semangatnya tetap sama,” ujarnya lagi.

Orang nomor dua di jajaran Lanal Kendari itu juga mengatakan langkah UHO membekali mahasiswa barunya dengan pengetahuan bela negara merupakan langkah positif yang harus didukung oleh semua pihak guna mengantisipasi adanya berbagai macam ancaman kelangsungan eksistensi NKRI dalam konteks kekinian.

IMG-20171209-WA0146“Ancaman NKRI kini bukan hanya dari sisi ancaman militer tetapi juga dari nirmiliter. Ini yang harus diketahui oleh mahasiswa,” imbuhnya.

Oleh karenanya Letkol Fredie berharap program pembekalan bela negara kepada mahasiswa terus dilanjutkan secara kontiniu dan terprogram sehingga hakikat ancaman terhadap NKRI dapat dipahami oleh mahasiswa dalam kapasitasnya sebagai generasi penerus bangsa.

“Mahasiswa harus tau bahwa mereka adalah komponen cadangan dalam sistem pertahanan kita, sehingga dijiwa mereka harus benar-benar  terpatri rasa cinta kepada bangsa dan negaranya. Ini akan tercapai bila terus digalakkan,” pungkasnya.

IMG-20171209-WA0149Untuk diketahui UHO selama tiga hari memberikan materi bela negara kepada 8247 mahasiswa barunya. 

Materi bela negara itu disampaikan oleh sejumlah perwira menengah TNI yang ada di Sultra (Korem 143/HO, Lanal Kendari dan Lanud HLO red). (Enel – Sultra)

loading...