PB Kukar – Kapolres Kukar, AKBP Anwar Haidar tak hanya berhasil mengungkap sejumlah kasus yang menyita perhatian publik, namun mantan Kapolsek Metro Penjaringan Jakarta Utara itu juga intens melakukan pemantauan kondisi keamanan di Wilayahnya saat Natal dan Tahun Baru 2018 ini.

Anwar Haidar menggelar patroli di enam kecamatan di Kukar dengan jarak tempuh hingga ratusan kilometer untuk memantau langsung jalannya Perayaan Natal di Kukar. Dengan sebaran wilayah yang ratusan kilometer luasnya itu, Ia pun memboyong seluruh perwira di lingkungan Polres Kukar untuk menerobos hujan hingga pulang tengah malam demi memastikan pengamanan berjalan lancar.

Tak ingin menjadikan Operasi Lilin Mahakam 2018 sekadar acara seremonial, AKBP Anwar Haidar langsung turun tangan mengawasi sejumlah titik pengamanan di penjuru Kukar.

Selain gereja, sejumlah tempat wisata serta polsek-polsek di lingkungan wilayah hukum Polres Kukar, ia pantau secara langsung. Bergerak dari Tenggarong, sekitar pukul 11.00 Wita, Anwar Haidar berangkat dengan menggunakan sepeda motor menuju lima kecamatan lainnya di Kukar.

Sejumlah perwira yang hadir, di antaranya seperti Kabag Ops Polres Kukar Kompol Andin Wisnu, Kabag Sumda Polres Kukar Kompol Kemis, Kabag Ren Polres Kukar Kompol M. Gufron, Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Yuliansyah. Kasat Intel Polres Kukar Rustam, Kapolsek Loa Janan AKP Doni Dwi Handaka serta perwira lainnya.

Dari Tenggarong, rombongan menuju kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Samboja, Muara Jawa, hingga Sangasanga. Tak hanya mampir untuk memantau jajarannya di polsek-polsek, Anwar Haidar juga sempat mengunjungi pos pengamanan di tempat wisata pantai di Kuala Samboja dan Teluk Pemedas di Kecamatan Samboja. Ia langsung menemui pengunjung lalu menanyakan prihal pengamanan yang dirasakan.

Kedatangan Kapolres Kukar ini pun sempat membuat kaget warga setempat. Mereka juga meminta untuk berfoto bersama dengan Kapolres Kukar Anwar Haidar. “Bagaimana liburannya? Ada kendala keamanan atau bagaimana ya? Aman sajakan?” tanya Kapolres saat menyambangi sejumlah warga.

Hampir setengah perjalanan dari Loa Janan menuju Samboja, rombongan diguyur hujan deras. Mereka tampak tak menghentikan laju kendaraan dan membiarkan seragam cokelat yang dikenakan basah. Rombongan pun hanya singgah sesekali untuk istirahat makan serta salat di masjid serta musala.

Anwar Haidar sempat memberikan ceramah kepada anggota serta perwira usai menggelar salat berjamaah yang ia pimpin langsung.

Meski telah larut malam, perjalanan Anwar Haidar tetap menggunakan sepeda motor untuk kembali ke Tenggarong. Total jarak tempuh pun diperkirakan mencapai sekitar 200 kilometer.

“Saya hanya ingin melihat langsung bagaimana keamanan operasi lilin ini digelar. Saya harapkan semuanya berjalan dengan lancar,  seperti yang kita harapkan,” ujar Anwar.

Sementara itu, Waka Polres Kukar Kompol Andre Anas yang turut serta dalam kegiatan tersebut merasa bangga dan semakin dekat dengan masyarakat. Meski jarak tempuh hingga ratusan kilometer, suasana kekeluargaan sesama anggota menurutnya sangat terasa.

“Kita juga melihat apresiasi masyarakat sangat besar ketika melihat rombongan yang datang. Kedatangan rombongan juga tidak ada disambut secara berlebihan. Paling hanya dengan air kelapa muda saja. Karena tujuannya kan memang ingin memastikan keamanan perayaan natal berjalan sebagaimana mestinya,” ujar Andre. (MontyMontana)

loading...