PB Palas : Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) kabupaten Palas H. Sehat Muda Hasibuan bersama 18 orang rombongan yang mengatas namakan tokoh ulama Padang Lawas sambangi Polres Tapsel Senin (25/12/17)sekitar pukul 11.00 Wib.
Rombongan yang mengatasnamakan Tokoh Alim Ulama dan masyarakat merasa penahanan ketua Laskar Merah Putih Kabupaten Padang Lawas Sutan Harahap adalah suatu kekeliruan,dan terkesan dipaksakan dan di duga ada muatan politik untuk memenjarakan ketua LMP tersebut.

IMG-20180102-WA0148Harapan komponen masyarakat, agar masalah penangkapan Sutan Harahap atas laporan pengusaha Hotel tentang perusakan di SP3. karna menurut mereka aksi itu spontanitas warga masyarakat Palas, bukan di komandoi oleh Sutan harahap sebagai ketua LMP.

Pernyataan Kepala lingkungan Kelurahan Sibuhuan Muhammad Safii Hasibuan saat diwawancarai oleh wartawan di Polres Tapsel juga, membenarkan bahwa aksi itu murni gerakan spontan masyarakat tidak ada yang mengarahkan.

“Sebagai kepala lingkungan, saya heran koq jadi warga saya yang jadi korban ujarnya.

“Bila ingin menangkap,ya di tangkaplah semua para alim ulama di Kabupaten Padang Lawas dan seluruh warga yang terlibat dalam aksi itu ujarnya dengan nada kesal”.

IMG-20180102-WA0149Wakapolres Tapsel Kompol HR Dalimunte, berjanji akan menyampaikan keluhan masyarakat ini ke Kapolres, karena saat ini Kapolres lagi di Medan, nanti akan saya sampaikan setelah beliau pulang ujar wakapolres pada para tokoh masyarskat dan alim ulama Palas.

Terkait penangkapan ini adalah satu kewajiban buat kami untuk menerima laporan masyarakat. Dan saya akan sampaikan keluhan saudara saudara ke Kapolres nanti. Kami tetap konsisten dalam penegakan hukum dan saya anjurkan agar bapak bapak menemui saudara (ER) untuk membicarakan secara kekeluargaan, pungkas Wakapolres.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal (wasekjen) Markas Besar Laskar Merah Putih, Burhan Saidi mengatakan dalam hal ini pihak kepolisian Polres Tapsel harus mendengarkan aspirasi dari para Alim Ulama maupun Tokoh Masyarakat Palas.

“Silakan anggota kami di periksa tapi, ketua LMP Palas juga kan punya hak untuk membela diri melalui kuasa hukumnya”.Dan pergunakan juga dong praduga tak bersalah, mungkin ada unsur tertentu untuk dipaksakan agar saudara Sutan di penjarakan, pungkas Burhan.

IMG-20180102-WA0153Ketua Umum LMP, “Adek Manurung, melalui wasekjennya Burhan Saidi juga memberi tanggapan, bila Kapolres Tapsel, tidak bijak dalam menanggapi kasus ini, maka Markas Besar Laskar Merah Putih akan membuat laporan ke Mabes Polri ( Propam ) agar Kapolres Tapsel segera di copot jabatannya karena terkesan arogan dalam menjalankan tugasnya. Dan dalam waktu dekat ini juga bila tidak adanya tanggapan dari pihak polres Tapsel, bila tidak segera menghentikan kasus ini SP3,maka anggota LMP Tapsel akan melakukan aksi demonstrasi di depan kantor polres Tapsel, ujar Burhan.
(TWS)

loading...