PB, JAKARTA – Usai dilantik menjadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Djoko Setiadi awalnya mengatakan akan berusaha keras untuk melakukan pengawasan dan seklaigus memberantas segala bentuk hoax yang menyebar di dunia maya.

Namun pernyataan Djoko kemudian berubah “arah” ketika, menyebutkan jika Hoax yang dilakukan adalah hoax untuk membangun, maka hal itu dibolehkan, “ada yang negatif dan ada yang positif, dan saya himbau jika hoax itu membangun ya silahkan saja,” ujarnya kepada media usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (3/1/2018).

Tentu saja pernyataan Djoko langsung memantik berbagai reaksi, dikarenakan dari penelusuran yang dilakukan ternyata kata Hoax di website milik wikipedia, tertuliskan jika yang dimaksud dengan Hoax adalah “pemberitaan palsu”, baik ucapan maupun tulisan.

Kegeraman warga netizen terkait dengan pernyataan Djoko ini dianggap sebagai bagian dari “dukungan” kepada pihak pendukung pemerintahan Jokowi, yang dianggap sering membuat berita hoax. Bahkan hoax yang dilakukan tidak tanggung tanggung, karena banyak foto hasil karya pembangunan di luar negeri lalu diupload kembali dan diberi komentar mengklaim jika hasil karya tersebut adalah pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Partai Gerindra sendiri melalui akun resmi milik mereka, mengkritik pernyataan Djoko, dengan tulisan yang diposting secara bersambung, “Perlu kita ajarkan sekali lagi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hoaks’ adalah ‘berita bohong.’ Dalam Oxford English dictionary, ‘hoax’ didefinisikan sebagai ‘malicious deception’ atau ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat”.

Bahkan janji janji Presiden Jokowi ketika kampanye pilpres lalu dipertanyakan oleh admin Partai Gerindra apakah termasuk hoax membangun, karena sampai saat ini menurut Gerindra justru tidak terbukti, “Ekonomi meroket, harga-harga terjangkau, hukum berdiri tegak tanpa pandang bulu, kondisi utang negara dalam level aman, pemerintah sukses membuat rakyat bahagia”. Apakah ini yang dimaksud dengan “.

Hoax tetaplah Hoax, sesuatu yang tidak benar tetaplah tidak benar, tidak tergantung kepada siapa yang melakukan. Tidak ada kebohongan yang baik. Sekian. “.

Bahkan untuk mengingatkan Djoko, netizen memberikan sebuah tagar berdasarkan ucapannya dengan nama #HoaxMembangun dan ketika berita ini dibuat, tagar atau hestek ini masih bertengger di posisi ketiga.

Rocky Gerung yang sering tampil di salah satu stasiun televisi dalam acara diskusi sempat mengatakan jika Hoax terbaik adalah Hoax versi penguasa. “Peralatan mereka lengkap, statistik, intelijen, editor, panggung, media, lu tambah sendiri deh…..”

Dan ketika mengetahui Kepala BSSN mengemukakan pendapatnya soal Hoax membangun, maka dengan tegas Rocky Gerung mengatakan, “Kami Berbohong, Kami Membangun”. Mantap!”. Dan kalimat ini ditujukan kepada pemerintah.

(Jall)

loading...