PB JAKARTA – Marsekal‎ TNI Yuyu Sutisna menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) ke-22 menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Jokowi dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11) sedangkan serah terima jabatan KASAU digelar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/11).

Pada pelantikan kali ini setelah penandatanganan berita acara pengangkatan menjadi KASAU yang disaksikan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Tito Karnavian, Jokowi menyematkan langsung tanda kenaikan pangkat kepada Marsda TNI Yuyu Sutisna menjadi Marsekal TNI. Jokowi juga melepas tiga bintang di pundak KASAU yang baru dilantiknya dan menggantikan dengan bintang empat. Dengan penyematan tanda pangkat ini, mantan Wakasau ‎ini resmi berangkat Marsekal TNI

Marsekal TNI Yuyu Sutisna dikenal sebagai Fighter (penerbang tempur) pesawat tempur F-5E Tiger setelah lulus‎ sekolah penerbang (sekbang) Angkatan Udara tahun 1987 dan pendidikan transisi pesawat F-5 tahun 1989. Kariernya diawali sebagai perwira penerbang skadron udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun, kemudian tahun 1988 menjadi perwira penerbang di skadron udara 14 Lanus Iswahjudi Madiun yang merupakan home Base pesawat tempur F- 5E Tiger II. Tahun 1994 hingga 1995 berdinas di skadron pendidikan 101 Lanud Adisutjipto sebagai istruktur penerbang.

“Kariern‎ya sebagai penerbang F-5 tak diragukan lagi, bahkan sudah mencapai 2000 jam terbang lebih,” kata Kadispenau, Marsekal Pertama TNI, Jemi Trisonjaya di Jakarta, Jumat (19/1)

Di Indonesia ini tercatat hanya ada enam penerbang pesawat tempur F-5‎ yang sudah membukukan 2000 jam terbang, termasuk KASAU Yuyu Sutisna, penerbang pesawat F-5 lain yang sudah meraih 2000 jam terbang lebih juga pernah menjabat KASAU adalah Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto.

Terlahir dari keluarga sederhana di Bandung, Jawa Barat pada 10 Juni 1962, Yuyu Sutisna‎ merupakan teman satu angkatan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di AAU 1986. Yuyu menikah dengan Ayuning Dewanti dan dikaruniai dua orang putri serta seorang putra. (Beby‎ Siahaya)

loading...