PB KUKAR _  Selasa tanggal 6 Februari 2018 jam11.20 wita bertempat di Kantor DPRD Kab. Kukar telah berlangsung aksi unjukrasa oleh massa dari Koperasi TKBM Tuah Bumi Kartanegara kepengurusan versi Sdr. Zaky, jumlah massa yg datang sekitar 50 orang dipimpin Sdr. Zaky. Massa melakukan aksi unjukrasa dengan membawa alat peraga berupa pengeras suara / sound system dan genset yg dimuat didalam mobil Ford merk Everest warna putih No.Pol KT 1114 MO serta membawa spanduk yg bertuliskan :

IMG-20180207-WA00141). SEGERA BEKUKAN KEPENGURUSAN KOP-TKBM TUAH BUMI KARTANEGARA VERSI ABRIANTO.

2). ADILI DAN BERIKAN SANKSI KEPADA OKNUM WAKIL RAKYAT YANG MEMPERKERUH PERSOALAN DENGAN MEMBUAT RDP TANDINGAN.

3). BERHENTIKAN/ MUTASI PEJABAT YANG MENGABAIKAN KESEPAKATAN RDP EKSEKUTIF DAN LEGISLATIF.

Kemudian dilakukan orasi oleh perwakilan massa pengunjukrasa (Sdr. Zainudin dan Sdr. Yunus) di depan kantor DPRD Kab Kukar, dalam orasinya perwakilan pengunjukrasa menyampaikan hal – hal sebagai berikut :

1). Menuntut agar kepengurusan Koperasi TKBM Tuah Bumi Kartanegara versi Abrianto Amin segera dibekukan.

2). Mengadili Oknum Wakil Rakyat/ Pejabat yg membuat RDP tandingan.

3). Mengadili dan memberikan hukuman kepada Oknum Wakil Rakyat/ Pejabat yang memperkeruh permasalahan internal Koperasi TKBM Tuah Bumi Kartanegara.

4). Meminta perwakilan anggota DPRD Kab. Kukar utk turun (keluar dari kantor) dan menemui pengunjukrasa utk membahas permasalahan yg terjadi di internal Koperasi TKBM Tuah Bumi Kartanegara.

5). Meminta permasalahan segera diselesaikan, kasihan masyarakat yg bekerja sebagai tenaga kerja menjadi korban permasalahan ini.

IMG-20180207-WA0015Dalam kegiatan pengamanan unjuk rasa ini Polres Kukar menurunkan Anggotanya sebanyak lebih kurang 76 personil dari Satuan Fungsi yang tergabung dalam Peleton Siaga 2 dan dibantu personil Polsek Tenggarong, ujar Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar S. Ik, M. Si, melalui Kasubbag Dal Ops Iptu Suwarsono.

Selanjutnya pada pukul 13.30 wita bertempat di ruang rapat Komisi I DPRD Kab. Kukar  dilanjutkan RDP dengan agenda :

1). Mohon klarifikasi hasil rapat yg dipimpin Bapak Hamdan Ketua Komisi I pada tanggal 29 Januari 2018 pukul 14.30 wita.

2). Mohon klarifikasi hasil rapat yg dipimpin Bapak Hamdan Ketua Komisi I pada tanggal 29 Januari 2018 pukul 17.00 wita.

Hadir dalam RDP tsb :

1). Hairil Anwar (Komisi I DPRD Kab. Kukar).

2). Didik Agung (Komisi 3 DPRD Kab. Kukar).

3). Zaki dan Zainudin (Pengurus TKBM).

4). Petrus djiu ( Ketua APBMI Kab. Kukar).

5). Perwakilan massa pengunjukrasa sebanyak 20 orang.

Dalam pertemuan tersebut pihak DPRD menyampaikan bahwa :

1). DPRD Kab. Kukar hanya memfasilitasi dan tidak memiliki kekuatan/ kewenangan untuk memutuskan masalah.

2). DPRD ingin menyelamatkan Koperasi TKBM yang ada di Kab. kukar dan tidak ada niat untuk mengalahkan atau memenangkan salah satu pihak yg sedang bermasalah.

Penyampaian perwakilan pengunjukrasa:

1). Menolak hasil mediasi terakhir yg menyatakan bahwa pekerjaan bongkar muat di PT. CFK dikerjakan oleh Koperasi TKBM Karya Sejahtera Samboja.

2). Dalam permasalahan ini yg sedang bermasalah adalah pengurus Koperasi TKBM Tuah Bumi Kartanegara, namun tenaga kerja (buruh) tidak ada masalah antara satu dengan lainnya dan diharapkan para tenaga kerja bisa bekerja seperti biasa.

Setelah mendengar pendapat dari perwakilan pengunjukrasa tentang masalah yg terjadi maka pimpinan rapat memutuskan untuk :

1). Akan menjadwalkan kembali RDP yg akan menghadirkan Plt. Bupati Kukar, OPD terkait (Dinas Koperasi dan UKM, Disnakertrans, Dishub dan Institusi KSPSI, F. SPTI, PPC APBMI, Polres, Kodim).

2). Pihak Koperasi TKBM Tuah Bumi Kartanegara disarankan koordinasi dengan staf Komisi I utk penjadwalan kembali.

Setelah menerima penjelasan dari pihak DPRD, kemudian perwakilan pengunjukrasa meninggalkan ruang rapat Komisi I dan berkumpul di depan Kantor DPRD Kab. Kukar, dan massa pengunjukrasa membubarkan diri, tambah Iptu Suwarsono. (M

loading...