PB, JAKARTA – Ketika Dewan Pers mengeluarkan himbauan kepada seluruh wartawan terkait dengan netralitas sebagai wartawan dalam melakukan liputan ataupun memberitakan pemilihan kepala pemerintahan, baik itu pilkada maupun pilpres, namun salah Persatuan Wartawan Indonesia, alias PWI melalui ketua umumnya, Margiono tanpa merasa “malu” mengatakan agar masyarakat Sumatera Barat harus memilih Jokowi dalam Pilpres 2019 nanti.

Hal ini tentu saja menuai kecaman dari berbagai pihak, bahkan salah satu pengacara senior, Arman Garuda Nusantara, mengatakan jika dirinya tidak heran begitu banyak wartawan yang tidak lagi independen dikarenakan “kelakuan” ketua PWI sudah jauh dari norma independensi profesional seorang wartawan.

Kok Ketua Umum PWI jadi hilang akal begini ya?? Pantas Pers banyak yang tidak netral dan tidak berimbang dalam pemberitaan wong Ketum PWI nya aja begini..,” tegas Arman di akun @armangn8 ketika mengomentari tulisan bertajuk “Ketua PWI Ajak Masyarakat Sumbar Pilih Jokowi di Pilpres 2019”.

Sebelumnya, pengamat media Nukman Luthfie mengomentari hasil riset yang dikutip The Economist. Riset itu menyebutkan bahwa media-media arus utama sangat dipercaya oleh masyarakatnya.

Saya agak khawatir karena media arus utama belakangan ini mulai teledor dalam menjalankan prinsip-prinsip jurnalistiknya dan terpeleset menyebar hoax karena kurang cek dan ricek,” tulis Nukman di akun @nukman.

(jall/sumber EM)

loading...