PB, SULTRA – Rabu (4/4/19) secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 dibuka langsung oleh Wakil Bupati Muna Barat, Ahmad Lamani yang mewakili Bupati, Drs. Laode Muhammad Rajiun Tumada, M.Si, yang tidak bisa hadir. Ahmad Lamani juga bertindak selaku Inspektur upacara.

Dalam barisan tamu undangan tampak hadir Danrem 143/Ho, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, SIP, didampingi oleh Danlanal Kdi Kolonel Laut P. Iputu Darjatna dan Danlanud  Haluoleo Kendari Kolonel Pnb Nana Resmana SM, Perwakilan Kapolda Sultra AKBP Antonius Danang, Dandenkes Kdi Letkol CKM dr. Junaedi Mustafa Sp.P, Dandenbekang Kdi Letkol Cba Hariyoto, Kasi Intel Rem 143/HO Mayor Inf  Yudi Rombe,  Kapenrem 143/Ho Mayor Inf Azwar Dinata SH, dan Pasi Bakti TNI Mayor Arh La Ode Mursalim.

Dan juga tampak para petinggi daerah Kabupaten Muna Barat, Kapolres Muna AKBP Ramos Sinaga, Plh. Dandim 1416/Muna, Mayor Inf Prasetya,  para Kepala SKPD Kabupaten Muna Barat, Para Camat, Para Kades se-Kab. Muna Barat dan Para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1416/Muna.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan langsung oleh wakilnya, Bupati memohon maaf atas ketidakhadirannya dalam kegiatan yang sangat penting bagi Kabupaten Muna Barat. Dikarenakan kegiatan Musrembang Tingkat Nasional di Provinsi Gorontalo yang bertepatan waktunya.

Dalam sambutan Bupati Muna, mengungkapkan walaupun Pemda Muna Barat dalam usianya yang masih muda sudah banyak melakukan pembangunan disegala bidang, dan pada tahun 2018 ini, kehadiran TMMD 101 di Mubar menunjukkan peningkatan kerjasama dan kemitraan yang sangat baik antara TNI dan Pemkab Mubar.

Dalam TMMD Ke-101 ini ada 18 sasaran fisik yang akan di laksanakan semuanya tersebar di delapan Kecamatan di wilayah Kab. Muna Barat. Adapun 18 sasaran fisik yang akan dikerjakan tersebut  yaitu ;
yaitu 2 proyek di Kec.Lawa, yaitu pembuatan pagar SDN 1 Lawa di Desa Latugho dan pembuatan areal parkir wisata di Desa Latugho. 2 Proyek di Kec.Barangka, yaitu pembuatan pagar SDN 10 barangka di Desa Barangka dan  pembuatan pagar SDN 9 Barangka di Desa Barangka. 2 Proyek di Kec.Tiworo Tengah yaitu pembuatan pagar SDN 3 Tiworo Tengah Desa Suka Damai  dan pembangunan  drainase lingkungan di Desa Sukadami Labokolo. 4 proyek di Kec.Kusambi, pembuatan pagar SDN 7 Kusambi di Desa Kusambi dan pembuatan pagar SDN 7 Sawergadi di Desa Sawergadi, Tugu pesawat desa Kusambi dan pembuatan jembatan perahu muara.

Serta 4 proyek lagi yang tersebar di 4 Kecamatan yaitu 1 proyek di Kec.Napano Kusambi, pembuatan pos PAD Takumaho di Desa Takumaho. 3 proyek di Kec.Wadaga, pembuatan pos PAD Lindo di Desa Lindo,  pembuatan pagar SMP 2 wadaga,  Pembuatan pagar SD 8 Wadaga, dan 2 proyek di Kec.Tiworo Kepulauan, yaitu pembuatan pagar SDN 4 Tikep di Desa Tikep dan SMP 1 Tikep dan 1 di Kec.  Sawerigading yaitu pembuatan pagar,  SMPN 1 Sawerigading.

Sedangkan sasaran non fisik yang akan dilaksanakan antara lain, penyuluhan tentang Buta Aksara, sosialisasi bahaya HIV/AIDS, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB), Penyuluhan Bahaya ISIS, penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan, penyuluhan Bela Negara dan penyuluhan tentang Hukum.

Bupati juga sangat mengapresiasi TMMD yang dilaksanakan oleh TNI, semangat kebersamaan dan gotong royong yang dikembangkan dalam TMMD perlu terus di pertahankan dan dikembangkan. Pemda Mubar meyakini dengan semangat gotong royong dan kebersamaan banyak kemudahan  yang kita dapatkan dalam mengatasi persoalan yang muncul didepan.

(jall/Korem 143/HO)

loading...