PB, JAKARTA – Sebuah kalimat yang dituliskan oleh netizen terkait dengan pertarungan memperebutkan kursi RI 1, menjadi viral, “Jika kalian membuat dan menyatakan #Jokowi2Periode, kami menganggapnya biasa saja, karena itu keinginan kalian, tapi kenapa kalian ribut ketika kami munculkan #2019GantiPresiden” sebut netizen yang dibagikan ke berbagai sosial media. Hingga tulisan tersebut menjadi viral.

Tagar #2019GantiPresiden menjadi viral ketika dimunculkan oleh Mardani Ali Sera, dari Partai Keadilan Sejahtera, untuk mengimbangi tagar dari pendukung Presiden Joko Widodo, #Jokowi2Periode. Bahkan tagar #2019GantiPresiden kini semakin viral bukan hanya di dunia maya, namun juga di dunia nyata, ketika sebuah usaha percetakan kaos membuat dan memproduksi secara besar besaran untuk dijual kepada masyarakat luas. Bahkan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon juga ingin memesan baju kaso dengan tulisan tagar tersebut.

Rupanya netizen tidak memperdulikan protes yang dilayyangkan oleh pendukung Jokowi soal tagar #2019GantiPresiden, terbukti dengan sekelompok netizen memunculkan sebuah tagar baru #2019PresidenBaru, bahkan hanya dalam hitungan beberapa jam saja, tagar yang muncul langsung menyodok menjadi Trending Topik Indonesia (TTI).

2019presiden

Netizen yang mendukung tagar #2019PresidenBaru mengeluarkan berbagai kondisi yang terjadi dimasyarakat, terutama dari berita berita yang sudah pernah dimuat di berbagai media. Seperti persoalan tenaga kerja, impor, apalagi persoalan hukum yang dianggap oleh netizen hanya berada pada tatanan keinginan dan kemauan para penguasa, bukan atas hukum yang seadil adilnya. Dengan mencontohkan ketika pihak kepolisian mengungkapkan jika Puisi Sukmawati Soekarnoputri disarankan untuk dilakukan musyawarah, sementara Jonru, Asma Dewi dan ustad Alfian Tanjung langsung dilakukan penahanan, tanpa diberikan kesempatan untuk melakukan musyawarah.

“Kekecewaan masyarakat tidaklah perlu disikapi dengan panik oleh para pemimpin saat ini dan pendukungnya, lebih baik munculkan juga tagar yang bisa menyaingi tagar #2019PresidenBaru dan #2019GantiPresiden. biar lebih terlihat fair play-nya,” ujar Darwis salah satu tokoh muda asal Maluku Utara melalui selularnya.

(jall)

loading...