PB, JAKARTA – Acara HUT TNI AU yang ke 72 dilapangan Skuadron Udara 2 Halim Perdana Kusumah dihadiri langsung oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan petinggi TNI lainnya dari TNI AD dan TNI AL. Tampak di deretaan barisan tamu undangan juga hadir beberapa atase militer dari negara lain.

Acara yang diselenggarakan adalah puncak dari HUT TNI yang sebelumnya selama 2 hari berturut turut diadakannya pesta rakyat yang mengundang masyarakat untuk hadir menyaksikan sekaligus melihat lebih dekat sekaligus mengenal dan berbincang bincang dengan para pilot dan teknisi pesawat terbang milik TNI AU.

Seperti biasanya di HUT TNI AU, atraksi pesawat terbang diudara dan pameran alat alutsista milik TNI AU dipamerkan langsung dihadapan tamu undangan seperti Jupiter Aerobatic Team, lalu ada kelompok dari komunitas otomotif juga atraksi dari Drumband Taruna.

Kepala Staf AU, Marsekal Yuyu Sutisna kepada media mengatakan HUT TNI kali ini fokus untuk lebih mendekatkan TNI AU dengan masyarakat yang dilakukan dengan mengadakan pesta rakyat. Namun TNI AU tetap merupakan salah satu komponen untuk mendukung NKRI.

Kepada prajurit Yuyu mengingatkan agar tetap meneruskan tugasnya dengan mengutamakan keselamatan, dimana setiap resiko tugas baik pekerjaan ataupun kegiatan agar dikenadlikan dengan baik.

Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 13.00 terasa cukup menyengat di terik siang hari, bahkan beberapa penonton dan juga awak media sempat kebingungan mencari seteguk air. Hingga akhirnya beberapa awak media tampak bergantian meminum air dari botol yang dibawa oleh rekan lainnya.

Di penghujung kegiatan, tampak para peserta defile sedang beristirahat makan dan yang cukup mengagetkan ketika media ini melihat makanan yang dibagikan ternyata berasal dari sebuah karton yang didalamnya berupa makanan dari restoran Hoka Hoka Bento yang disediakan oleh Kementerian BUMN, karena tampak dari bagian depan dus tertulis jelas, “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

Program BUMN Peduli ini sedianya diperuntukkan bagi kondisi bantuan kepada warga masyarakat yang terkena dampak bencana alam, seperti yang pernah dilakukan di Aceh dan daerah bencana lainnya.

“Melalui program kemitraan dan bina lingkungan BUMN berkomitmen senantiasa hadir untuk negeri,” ujar Menteri BUMN Rini M. Soemarno yang diambil dari website resmi milik Kementerian BUMN.

Program BUMN Peduli dengan motonya “BUMN Hadir Untuk Negeri” adalah program yang sudah diamanatkan dalam UU nomor 19 tahun 2003, tentang BUMN khususnya pada pasal 88. dimana BUMN menjalankan program kemitraan dan bina lingkunhgan berupa pembinaan usaha kecil dan juga koperasi serta pembinaan masyarakat sekitar BUMN yang didukung dengan penyisihan laba BUMN. Dana ini untuk mendukung program BUMN peduli sebesar 30 persen dari dana total penyisihan maksimal sebesar 2 persen dari laba setelah pajak.

(jall)

 

loading...