PB Muna Barat : Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber keuangan terpenting dibanding sumber-sumber keuangan yang didapat diluar dari PAD (Non PAD) dalam menjalankan program otonomi daerah. Dengan peningkatan PAD, maka hal tersebut dapat dipergunakan sesuai dengan prakarsa dan inisiatif daerah, sedangkan bentuk pemberian pemerintah (non PAD) sifatnya lebih terikat.

Terkait dengan itu, Salah satu program TMMD ke-101 adalah membuat Pos PAD di Katobu Kecamatan Wadaga, sehingga diharapkan dapat meningkatkan PAD khususnya didaerah Muna Barat. Seperti yang diungkapkan oleh Babinsa Kodim 1416/Muna Sersan Kepala Labasi bahwa keberadaan Pos PAD diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. “Nantinya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah Desa dalam mendukung proses pemerintahan di daerahnya,” tutur Serka Labasi.

Kegiatan pembangunan Pos PAD tersebut dikerjakan oleh satgas TMMD ke-101 Kodim 1416/Muna, juga mendapat respon yang sangat baik dari pihak Kepolisian maupun pemerintah daerah setempat dengan menerjunkan langsung personelnya seperti Babinkamtibmas, Kepala Desa dan perangkat Desa serta kelompok masyarakat secara bergilir.

Seperti yang diungkapkan Sekretaris Desa Katobu Lambunga, bahwa kehadiran POS PAD tersebut dapat menggali dan meningkatan pendapatan asli daerah. “Diharapkan Pemerintah ditingkat Desa mampu meningkatkan kemampuannya dalam penyelenggaraan urusan daerah,” ungkap Lambunga.

Saat dihubungi tim Penrem 143 melalui selulernya, Serka Labasi mengungkapkan bahwa, Pos PAD yang dibangun berukuran 3,5 x 4 meter dan saat ini pembangunannya sudah mencapai 3 (tiga) persen. “Kami baru selesai memasang kusen pintu,” kata Babinsa yang seharian berdinas di Koramil 1416-05/Kabawo (penrem143/Red)

loading...