PB JAKARTA – Polemik yang tengah mencuat terkait pernyataan mantan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais soal penyebutan partai Allah dan partai setan, mendapat tanggapan dari Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma`ruf Amin.

KH Ma’ruf  menyebutkan, semua partai politik (parpol) di Indonesia adalah religius. Baik parpol yang berbasis nasionalis maupun agama. Sehingga tidak ada parpol di Indonesia yang beraliran setan seperti yang disampaikan Amien Rais sesaat lalu.

“Tidak ada partai Allah dan partai setan. Semua partai religius,” kata KH Ma`ruf Amin saat menghadiri seminar nasional Mandatory Sertifikasi Halal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Bahkan menurutnya, siapa pun tidak perlu membeda-bedakan antar partai di Indonesia. Ma`ruf mengatakan bahwa pernyataan Amien dianggap dapat membuat tensi politik di tanah air menjadi memanas.

“Ini akan sangat membahayakan kehidupan berbangsa dan umat,” ungkapnya.

Ramai diberitakan, Amien Rais kembali melontarkan kata-kata yang memicu kontroversi di masyarakat. Kali ini, Amien mendikotomikan partai-partai politik di Indonesia ke dalam dua kutub, yakni partai Allah dan partai setan. Hal ini dikatakannya saat memberi tausiah usai mengikuti gerakan subuh berjamaah di Masjid Baiturrahim di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (13/4) pagi.

Namun, Amien tak mengungkap partai apa saja yang masuk kategori partai setan ataupun partai Allah. Ditanya seusai acara, Amien menyatakan yang dimaksudnya adalah cara berpikir, bukan partai dalam konteks politik praktis. (Beby Hendry)

loading...