PB, SULTENG – Kamis (20/4/19) sekitar pukul 09.20 waktu indonesia bagian tengah (wita) sebuah helikopter yang dipakai oleh PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) jatuh tepat di depan pos 2 PT. IMIP hingga menyebabkan 1 orang pegawai dan 6 roang lainnya mengalami luka.

Helikopter milik PT. IMIP yang berada di Desa Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, rencananya akan berangkat menuju Kendari Sulawesi Tenggara dengan emnagngkut beberapa pegawai diantaranya adalah warga negara China.

Kronologis kejadian berawal ketika pukul 09.15 helikopter yang baru saja lepas landas, namun berselang dua menit kemudian helikopter berbalik arah kembali menuju ke helipad. Namun naas sebelum tiba dilandasan, dan tepat di depan pos 2, helikopter tersebut langsung jatuh dan menimpa seorang karyawan bernama Arsi Heni Irawan, dari bagian Divisi Stoker yang kebetulan sedang melintas untuk berangkat kerja.

Danru Pos 2, Adi Topan yang kebetulan sedang piket bersama anggota langsung melakukan pertolongan kepada pilot dan Copilot dan juga 6 orang penumpang lainnya untuk dibawa ke poliklinik milik PT. IMIP.

Namun 3 orang lainnya terpaksa harus dilarikan ke RSUD Kabupaten Morowali, dan tidak lama kemudian anggota Polsek Bahodopi tiba dilokasi untuk mengamankan lokasi kecelakaan guna dilakukan penyelidikan penyebab jatuhnya helikopter tersebut.

Rudi selaku pilot helikopter, mengalami luka dalam sementara, Deliati Hasiolan, copilot, mengalami patah lengan dan robek pada bagian keningnya. Sementara Aris yang ditimpa helikopter jatuh, meninggla dunia akibat mengalami putus kaki kanan dan punggung hampir putus dan lehernya terputus karena terkena baling baling helikopter.

Penumpang lainnya yang berkewarganegaraan China, masing masing, Xi Lai Wang, Yan Yun dan Di Yi Fei mengalami luka ringan. Dan 3 lainnya Guan Kejang, Zhao Yipu dan Du Gui tidak mengalami luka yang berarti.

Helikopter yang kecelakaan terlihat rusak parah, terutama pada bagian baling baling utama dan baling baling pengendali karena menimpa tanah. Sampai berita ini diturunkan pihak kepolisian Resort Morowali masih melakukan penyelidikan sampai berita ini diturunkan.

(jall)

loading...