PB  – Purworejo-Dalam rangka menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi diwilayah Kabupaten Purworejo yang notabene rawan bencana , Kodim 0708 Purworejo gelar Gladi Posko bencana alam yang dilaksanakan selama 3 hari, yakni mulai Selasa,24/4 hingga Kamis 26/4 / 2018.

Dikatakan Dandim 0708 Purworejo Letkol.Inf. Mucklis Gasim SH MSi, gladi posko bencana perlu dilaksanakan di Kabupaten Purworejo, mengingat wilayah kabupaten dengan slogan berirama tersebut merupakan daerah rawan bencana, diantaranya bencana banjir dan tanah longsor, ungkapnya.

Dandim mengatakan bahwa posko bencana tersebut akan bersinergi dengan BPBD, Forkompinda, LSM, serta elemen masyarakat yang lain.

Posko bencana akan selalu siap ikut menangani bencana yang mungkin bisa terjadi kapan saja, tanpa bisa diprediksi datangnya, apalagi saat sekarang curah hujan masih tinggi, ujarnya.

Sementara itu Danrem 072 Pamungkas Brigjen.TNI Muhammad Zamroni dalam amanatnya menegaskan, bahwa pelaksanaan latihan gladi posko 1 Kodim 0708 Purworejo sangat penting, ” ini merupakan ajang bagi Dandim beserta stafnya untuk menguji dan mengolah kemampuan operasional dalam organisasi kemiliteran.

Hal ini untuk menunjukkan TNI AD tanggap dalam menyikapi dan mengantisipasi masalah bangsa, khusus nya dalam penanganan korban bencana alam yang sebenarnya merupakan bagian tugas pokok TNI dalam bidang operasi militer selain perang, seperti diatur dalam UU NO 34/2004 tentang TNI.

Korem 072 Pamungkas dituntut agar mampu membentuk prajurit yang profesional, efektif, efesien, dan modern, cara meningkatkan kualitas personil antara lain dengan melatih prosedur hubungan komandan dan staf, dalam pelaksanaan tugasnya bekerjasama dengan pemerintah untuk melindungi masyarakat, tandasnya. (A/Kun)

loading...