PB, JAKARTA – Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi menyambut baik dukungan Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) yang berniat menjajaki kerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendorong percepatan keberhasilan program pengentasan kemiskinan.

“Asprindo ini kami harapkan sebagai mitra yang bisa menjadi booster untuk meningkatkan percepatan program pengentasan kemiskinan” kata Agung saat audiensi dengan Asprindo, di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta Selatan, Rabu (25/4).

Sinergi program Kementan dengan Asprindo, lanjut Agung, salah satunya diharapkan berperan sebagai pelaku yang bisa membuka akses pasar terhadap kelebihan produksi dari petani.

Menurutnya, prinsip kerjasama ke depan dapat mempercepat target yang ingin di capai.

Pengurus Asprindo Bidang Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Irwansyah mengatakan, Asprindo memiliki perwakilan di 34 provinsi dan 30 perwakilan di luar negeri. Perwakilan kami di dalam dan luar negeri ini merupakan peluang yang besar untuk memasarkan produk pertanian. Untuk itu kami harap kolaborasi dengan Kementan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat ke bawah ini sangat strategis” .

Sementara itu Sekjen Asprindo Pusat Hasminto Yusuf mengungkapkan, Asprindo telah melakukan pemetaan program khusus pertanian yang sejalan dengan misi Asprindo yaitu Program Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang diusung Kementan.

“Ini sejalan dengan misi besar Asprindo dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, program tersebut di antaranya adalah Program Pekarangan Pangan Berkelanjutan dan Diversifikasi Pangan.

Dalam hal ini, Asprindo dapat berperan dalam riset serta pengembangan produk produk pangan dan pertanian.

“Banyak hal yang yang perlu kita detailkan ke depan untuk fokus ke beberapa sektor kegiatan, semoga ke depan kerjasama ini dapat diwujudkan melalui MOU,” pungkasnya.

(Team/Red)

loading...