PB – KUKAR – Di halaman Polres Kutai Kartanegara dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya PANCASILA, hari Jumat tanggal 01 Juni 2018 jam 08.00 wita.

Selaku Inspektur Upacara Kapolres Kutai Kartanegara AKBP ANWAR HAIDAR, S.IK, M.SI, Perwira Upacara IPTU TRIJADI, SH. Kapolsek Tenggarong dan Komandan Upacara IPDA DARIYANTO Kanit Sabhara Polsek Tenggarong.

Hadir dalam kegiatan Upacara antara lain Wakapolres Kutai Kartanegara KOMPOL ANDRE ANAS, S.IK, para Kabag, Kasat, Perwira, Bintara dan ASN Polres Kutai Kartanegara.

Kapolres sambutannya memberikan amanat tertulis Presiden Republik Indonesia yang Intinya antara lain sbb :
Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhineka tunggal ika-an kita.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, dalami semangatnya, dan pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan POLRI, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.(Monty)

loading...