PB, Kendari – Tim SAR Lanal Kendari menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Desa Puundedao Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan.

Untuk misi tersebut, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, memberangkatkan satu Tim SAR ke lokasi bencana, Senin (25/6)

Satu Tim SAR dari Lanal Kendari itu dipimpin oleh  Letda Laut (P) Tukidi dengan kekuatan 13 personel Lanal Kendari dan dilengkapi Perahu Sekoci Karet lengkap dengan mesin serta dua unit truk berisikan kebutuhan korban banjir.

Untuk diketahui Desa Puundedau adalah salah satu desa di Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara yang mengalami bencana banjir bandang akibat hujan deras  sejak hari Jumat (22/6) lalu.

Banjir bandang yang melanda desa tersebut mencapai ketinggian sekira 2,5 Meter  sehinga menyebabkan 15 rumah warga terendam air dan jalan poros Kendari – Kolono terendam air  sepanjang 3 Km.

Akibatnya jalur tersebut terputus sehingga lalulintas di jalur itu tidak berfungsi karena jalanan tidak dapat dilalui kendaraan.

Kepada pembawaberita.com Ketua Tim SAR Lanal Kendari Letda Laut (P) Tukidi mengatakan setibanya  di lokasi banjir, Tim SAR pihaknya langsung melaksanakan fungsi koordinasi dengan stakeholder terkait.

“Kami berkoordinasi dengan Babinsa setempat dan bergabung dengan BPBD Kabupaten Konawe Selatanuntuk memberikan bantuan kepada korban,” ujar Lettu Tukidi, Selasa (26/6).

Kata dia, Tim SAR juga mengangkut dan menyalurkan bantuan sembako berupa roti kabin dan air mineral ke lokasi pengungsian bencana banjir yang bertempat di SDN 1 Puundedau dari LSM Letmil (Lembaga Pengembangan Masyarakat Pesisir dan Pedalaman).

“Kami juga mengantar Bupati Konsel, Surunudin Dangga dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo menuju lokasi pengungsian untuk melihat secara langsung dan menyerahkan bantuan berupa Sembako, keperluan perlengkapan bayi dan nasi bungkus,” pungkas  Letda Tukidi. (Enel)

 

loading...