PB SIDOARJO – Tim Nasional Indonesia U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16‎ 2018 usai mengkandaskan Thailand dalam pertandingan final yang berlangsung di stadion gelora delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) malam.

Garuda muda berhasil melumat tim gajah putih U-16 lewat drama adu penalti dengan skor 4-3. Sebelumnya dipertandingan 2x 40 menit babak normal kedua tim berbagi angka dengan skor 1-1.

Gol terlebih dahulu dicetak oleh pemain pengganti, M Fajar Fathur ‎Rachman di menit ke-33. Gol berawal dari umpan pajak yang sangat apik dari Andre berhasil dituntaskan melalui satu sentuhan cantik lewat kaki Fajar yang berhasil mengecoh kiper Thailand, Anuchid Tawesri. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan anak asuh pelatih Fachri Husaini.

Di 40 menit babak kedua jual beli serangan intensif terjadi. Serangan lewat operan pendek terus diperagakkan timnas Indonesia. Thailand tak jaiuh berbeda, 11 pemain berkaos tim biru ini terus bersemangat untuk mencetak gol demi mengejar ketertinggalan atas timnas kebanggaan Indonesia.

Mimpi buruk pun terjadi, Thailand yang sempat mendominasi lini tengah berhasil menyamakan kedudukan di menit-‎71. Gol ini terjadi akibat kurang solidnya lini belakang Indonesia saat terjadi serangan balik cepat yang diperagakan Thailand

Appidet dengan mudah menceploskan si kulit bundar setelah sebelumnya lepas dari offside dan kurang jelinya pemain belakang Indonesia dalam melihat pergerakan lawannya di depan gawang sendiri. Skor 1-1 berlangsung hingga di menit- 80 dan perpanjangan waktu empat menit.

Pertandingan pun dilanjutkan dengan ‎babak adu penalti. Skor akhir adu penalti kedua tim berakhir diangka 4-3 untuk keunggulan sekaligus kemenangan untuk Timnas Garuda Muda U-16.

Gol Indonesia dicetak masing-masing oleh Sutan Zico, Amiruddin Bagus Kahfi, Rendry Juliansyah dan David Maulana. Sedangkan tiga gol Thailand masing-masing dilesakkan oleh Thanarin, Anucha, dan Kittipong Khetpara.

Tendangan dua eksekutor penalti Thailand yakni Apidet dan Pongsakorn berhasil dipatahkan lewat tampilan gemilang kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.

Dengan hasil akhir pertandingan final ini Timnas Indonesia berhasil mencatatkan sejarah di Piala AFF U-16 2018, karena untuk pertama kalinya menjuarai ajang tersebut.

Sebelumnya prestasi terbaik Timnas Indonesia terjadi di ajang piala AFF ‎U-16 2013 yang berhasil keluar sebagai runner up. Kala itu Indonesia kalah adu penalti dari Malaysia. (Beby‎)

loading...