PB JAKARTA – E-Sports atau olahraga elektronik seiring waktu kian digemari anak muda. Hal ini berbanding lurus dengan tingkat pertumbuhan penggemar e-sports di tanah air yang terus bertambah.

E-sports sendiri dalam berbagai kesempatan telah diperlombakan tak hanya di Indonesia, namun juga diberbagai ajang di beberapa negara di belahan dunia.‎

Demikian diungkapkan Giring Ganesha alias Giring Nidji yang merupakan salah seorang penggagas IESPL atau Indonesia E-Sports‎ Premier League, yang merupakan organisasi pengelola dan penyelenggara turnamen, serta liga e-sports pertama di Indonesia. Selain Giring beberapa nama penggagas e-sports diantaranya,‎ Rangga Danu Prasetyo, Audrey Sianturi dan Ezra Marcella. IESPL sendiri bergerak dibawah naungan PT Gajah Merah Terbang (PT GMT) bersama Tokopedia.

“Saat ini musim pertama ‘Tokopedia Battle of Friday by IESPL’‎ atau TBoF resmi digelar, hadiah yang diperebutkan kali sebesar Rp 1,9 miliar,” kata Giring di Jakarta, Jumat (10/8/2018).‎

IESPL menurut Giring, memiliki visi dan misi untuk membawa e-sports menjadi industri olahraga bergengsi di Indonesia, seiring tren dunia‎.

‎”Kehadiran TBoF diharapkan dapat membuat iklim kompetisi e-sports di Indonesia semakin berkualitas, juga memotivasi lahirnya talenta-talenta baru di bidang ini. IESPL juga bertanggung jawab atas edukasi, konten, produk dan komersial e-sports di Indonesia,” jelas Giring.

“Kami secara aktif membantu pemerintah merumuskan kebijakan bagi klub pro gamers di Indonesia dengan harapan bisa mengharuskan nama Indonesia melalui e-sports nantinya,” sambungnya.

Diketahui, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia juga mendukung terselenggaranya TBoF.

TBoF adalah panggung baru bagi para pemain games profesional di Indonesia untuk menunjukkan kebolehannya.

“Kompetisi antar pro gamers hasil kerjasama Tokopedia dengan IESPL ini menjadi liga e-sports pertama di Indonesia. Kami berharap dengan adanya TBoF, semakin banyak talenta-talenta terbaik negeri yang nantinya bisa mendunia,”ungkap CEO Tokopedia, William Tanuwijaya. (Beby)‎‎

loading...