PB GORONTALO – Ekonom senior Dr Rizal Ramli mengapresiasi visi dan misi Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, yang ingin menjadikan daerahnya sebagai pusat pendidikan tinggi terbaik di Indonesia timur bagian utara.

“Banyak bupati atau pimpinan daerah yang sekadar ingin memimpin untuk gaya-gayaan, dihormati, dan mendapat privilage (perlakuan khusus). Tapi hanya sedikit yang punya visi seperti Pak Nelson ini,” kata Rizal Ramli saat diundang jamuan makan malam di rumah dinas Bupati Gorontalo, Sabtu (25/8/2018) malam.

Rizal hadir bersama dengan para pembicara dan panitia seminar internasional yang digelar Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Bisnis (STIMB) Bina Mandiri.

Rizal Ramli-pun mendukung penuh visi mantan rektor Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo tersebut.

Apalagi, Gorontalo sudah punya modal universitas berakreditasi A, yakni Universitas Negeri Gorontalo.

“Di Indonesia timur hanya ada tiga, satu di Gorontalo dan dua di Makassar,” ungkapnya.

Mantan Tim Panel Ekonomi PBB itu yakin dengan keseriusan Nelson menjadikan Gorontalo sebagai pusat pendidikan perguruan tinggi di Indonesia timur bagian utara. Sebab, Pemkab Gorontalo sudah bertekad akan menyumbangkan tanah seluas 100 hektare untuk dijadikan lahan kampus-kampus yang akan dibangun.

Pendiri lembaga think thank Econit ini menjelaskan bahwa visi Nelson itu bisa membawa dampak signifikan bagi perekonomian daerah. Pusat pendidikan tinggi dalam prediksinya akan mendatangkan 200 ribu mahasiswa dari penjuru Indonesia, khususnya yang berada di wilayah timur. Sehingga ada uang yang datang dari luar dan berputar di Gorontalo.

“Tinggal dihitung saja itu nanti berapa ekonomi yang bisa masuk dari mahasiswa, belum lagi orang tua yang bisa datang dua kali setahun. Termasuk kalau kampus menggelar konferensi internasional,” tukas Rizal Ramli.

Rizal Ramli pun mengaku siap memberi bantuan jika Nelson butuh. “Asal, ada syaratnya nih. Jangan sampai Gorontalo kuasai Indonesia,” canda Rizal yang sebelumnya menyebut bahwa banyak pejabat di negeri ini berasal dari Gorontalo.

Sementara itu, Bupati Nelson mengaku bahwa dirinya semakin bersemangat membangun pusat pendidikan tinggi di Gorontalo setelah berdikusi dengan Rizal Ramli. Awalnya, dia sebatas ingin menghibahkan tanah untuk pembangunan universitas.

“Jadi ini terinspirasi dari Pak Rizal untuk jadikan kota pendidikan,” terangnya.

Kepada Rizal Ramli, Nelson menyebut bahwa komitmen sumbangan tanah sudah diserahkan sebanyak 50 hektare.

“50 lagi masih proses, semua untuk bangun pendidikan tinggi swasta. Kalau negeri kan ada dari pusat pak,” tandasnya.‎ (Beby)

loading...