PB GORONTALO –  Meski Provinsi Gorontalo belum genap berusia 18 tahun, dan jumlah penduduknya pun kurang dari 1,5 juta jiwa, ternyata banyak tokoh Indonesia berpengaruh yang terlahir dari daerah hasil pemekaran Sulawesi Utara yang berjulukan Bumi Serambi Madinah itu.

“Orang hebat di Gorontalo nih banyak betul, ada mantan Presiden RI Pak BJ Habibie, ada Profesor John Katili ahli geologi, ada Profesor HB Yasin ahli sastra, ada Profesor JS Badudu ahli bahasa,” ungkap Rizal Ramli saat berbincang dengan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di rumah dinasnya, Sabtu (25/8/2018) malam.

Selain itu, sambung mantan Menko Ekuin era Presiden Abdurahman Wahid itu, ada juga pengusaha ternama, seperti, Ciputra, Arifin Panigoro, Fadel Muhammad dan Razif Halik Uno.

“Termasuk Pak Jonan (Menteri ESDM) ternyata kakeknya dari Gorontalo juga,” sambung Rizal.

Di Gorontalo, lanjutnya, juga ada Universitas Negeri Gorontalo. Universitas ini merupakan satu dari tiga universitas di Indonesia timur yang berakreditasi A.

Semua itu merupakan sumber daya intelektual manusia yang dimiliki Gorontalo. Jika itu semua dimanfaatkan dengan baik, Rizal Ramli optimis, provinsi yang penduduknya sekitar 1,2 juta orang ini bisa sejahtera dalam 10 tahun mendatang.

“Jadi walau kecil secara wilayah dan penduduk, Gorontalo punya the power of human resources,” tuturnya.

“Bayangkan satu juta penduduk saja sudah ngeri sekali, kalau 10 juta Indonesia bisa dikuasai Gorontalo semua ini,” tukas Rizal Ramli yang disambut gelak tawa Bupati Nelson.‎ (Beby)

loading...