PB JAKARTA  – Kita boleh berbangga, pasalnya hingga Rabu, (29/8/2018) para atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games telah meraih 30 medali emas.

Capaian ini adalah hal yang luar biasa, selain sudah melampaui raihan emas yang ditargetkan pemerintah (16 medali emas),  namun juga tetap menjaga asa posisi Indonesia di peringkat empat besar negara-negara se-benua Asia.

Peringkat Indonesia saat ini berada di bawah  negara-negara top Asia dalam hal prestasi olahraga. China di peringkat pertama, disusul Jepang, Korea Selatan satu strip diatas Indonesia.

Raihan 30 medali emas ini menurut banyak kalangan adalah hal yang dinilai cukup fantastis, mengingat banyak negara-negara Asia lainnya yang berpotensi mengalahkan Indonesia dalam beberapa olahraga tertentu. Semisal cabang olahraga (cabor) tinju, atletik, ‎balap sepeda atau pun bola basket.

Namun, kalah bersaing dalam beberapa cabang olahraga, atlet kita bisa mengejar perolehan medali lewat  cabor olahraga yang menjadi andalan.

Adalah cabor pencak silat yang menorehkan prestasi prestisius. Tak tanggung-tanggung cabor asli Indonesia diketuai mantan Danjen Kopassus, Prabowo Subianto meraih belasan medali emas.

Sedikitnya, 30 medali emas yang diperoleh atlet Indonesia, setengahnya adalah hasil dari cabor pencak silat.

Menurut Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Prabowo Subianto, rahasia kesuksesan para atlet pencak silat meraih banyak medali emas dalam Asian Games 2018 adalah ketekunan dan keseriusan dalam latihan.

“Tipsnya adalah latihan, latihan, latihan,” tegas Prabowo Subianto di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Rabu (29/9/2018).

Bakal capres 2019 itu tampak semringah saat mengutarakan hal tersebut. Selain itu, Prabowo mengatakan sikap istiqomah juga salah satu kiat para atlet meraih kemenangan di Asian Games 2018.

Terpisah, Ketua Harian IPSI yang juga Wakil Ketua umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo mengatakan latihan yang keras memang kunci utama para atlet meraih banyak medali emas. Para atlet sudah menempa diri dengan bertanding ke negara lain.

“Kita hampir tiga tahun berlatih keras. Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang berkepentingan,” ucap Edhy.

Selain itu, Edhy mengatakan, tangan dingin Prabowo selaku Ketua Umum IPSI pun berperan penting. Dia mengatakan Prabowo senantiasa memacu semangat para atlet agar tidak gentar ketika berhadapan dengan lawan.

“Prabowo adalah sosok yang berada di luar pemerintahan. Tapi demi negara ini, beliau berusaha keras demi hasil yang maksimal,” ucap Edhy.

Indonesia total sudah meraih 30 medali emas di Asian Games 2018. Pencak silat menjadi cabang olahraga yang paling banyak menyumbang emas, yakni 14 medali.‎ (Beby Hendry)

loading...