PB JAKARTA – ‎Atlet renang asal Jepang, Rikako Ikee meraih gelar Most Valuable Player (MVP) atau Atlet Terbaik di Asian Games 2018. Atlet putri berusia 18 tahun ini terpilih menjadi MVP setelah tampil apik di cabang olahraga renang individu maupun beregu pada Asian Games 2018 yang dimulai sejak 18 Agustus lalu.

Total, Ikee berhasil meraih delapan medali Asian Games 2018, torehan ini menjadi yang terbanyak diraih oleh satu orang atlet di Asian Games 2018. Bahkan enam diantaranya adalah medali emas. Emas tersebut berhasil dipersembahkan Ikee untuk kontingen Jepang dari beberapa nomor renang yang diikutinya.

Diantaranya nomor 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 50 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya kupu-kupu, 4×100 meter gaya bebas estafet, dan 4×100 meter gaya campuran estafet. Sedangkan dua keping medali perak didapatkannya dari nomor 4×100 meter estafet dan 4×200 meter gaya bebas.

‘Saya sangat senang bisa mendapatkan penghargaan yang indah ini. Sebenarnya, saya terkejut ketika pertama kali mendengar OCA akan memberikan penghargaan MVP ini. Saya juga bangga bisa mendapatkan penghargaan ini,” tutur Rikako Ikee, sesaat lalu.

Penghargaan MVP diserahkan langsung Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang diwakili oleh Wakil Presiden Kehormatan OCA, Wei Jizhong. Atas penghargaan itu, Ikee mendapatkan hadiah uang sebesar USD 50 ribu (setara Rp736 juta), serta menerima plakat yang berisi pin dari seluruh Asian Games yang pernah digelar.

Rikako Ikee kini tercatat sebagai atlet putri pertama dan juga perenang pertama yang mampu meraih enam medali sekaligus dalam satu gelaran Asian Games.

Kemenangan ini tentu menjadi modal berharga Ikee untuk bertarung di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Pasalnya, selain di gelar di rumahnya sendiri, Ikee baru akan berusia 20 tahun saat mengikuti ajang tertinggi dunia olahraga tersebut. Ikee pun dipastikan bakal menjadi kekuatan utama Negeri Sakura. (Beby Hendry)‎‎

loading...