PB, Lumajang – Petugas BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mengatakan abrasi di TPI Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari menghawatirkan.
 
“Data dari BMKG potensi bencana akibat cuaca buruk di pantai masih sangat tinggi, khususnya di empat lokasi wisata pantai, seperti Wisata Pantai Wotgalih, Wisata Pantai Dampar, Wisata Pantai Bambang, dan Wisata Pantai TPI,” ucap Wawan Hadi Siswoyo, Ahad (30/12).
 
Kondisi tersebut kata dia diperparah dengan amukan gelombang air laut yang sangat terus menggerus bibir pantai. 
 
“Warga berinisiatif memasang pagar papan untuk menanggulangi masalah abrasi tersebut tetapi baru terpasang sejauh 100 meter, tetapi kurang efektif  karena papan akan semakin lapuk dan pagar yang dibuat tidak dapat bertahan lama,” ujarnya lagi
Oleh karena itu dia menyarankan agar dilakukan pemasangan bronjong yang berfungsi memecah gelombang laut.
 
Senada dengan itu Kapolres Lumajang AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban menerangkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah memasangi garis polisi di sekitar kawasan itu.
“Police line sudah kami pasang untuk penanda batas aman dari laut ke bibir pantai, banner peringatan juga sudah dibuatkan guna menginformasikan bahaya yang kapan saja dapat terjadi,” jelas Arsal.
 
 
 
(Enel)
 
loading...