PB, Lumajang – Semakin dekatnya malam pergantian tahun, banyak orang orang yang mempersiapkan segala sesuatunya untuk menandai dimulainya penanggalan kalender masehi tersebut.
Mulai dari mempersiapkan terompet untuk detik-detik terakhir, bakar-bakar saat keluarga berkumpul hingga merencanakan akan bersama siapa di penghujung tahun 2018 tersebut.
Menanggapi perayaan malam pergantian tahun kali ini, Polres Lumajang selaku pemegang tanggung jawab tertinggi keamanan di wilayah Lumajang telah mengeluarkan surat edaran tentang perayaan tahun baru 2019.
Pada surat edaran itu terdapat poin-poin penting yang harus diperhatikan, yakni :
1. Agar menjaga agar komunitas klub dan kelompok motor maupun kelompok pemuda serta masyarakat lainya tidak melaksanakan pawai/konvoi yang dapat mengganggu ketertiban lalu lintas.
2. Agar kendaraan bermotor tidak menggunakan knalpot brong, maupun modifikasiknalpot diatas ambang batas kebisingan yang telah ditentukan.
3. Polres Lumajang dan Pemkab Lumajang akan memfasilitasi kegiatan pergantian malam tahun baru 2019 dengan acara Car Free Night di area Alun Alun Kabupaten Lumajang dengan konsep hiburan yang aman, tertib, dan meriah.
4. Akan memberikan sanksi tegas kepada pelanggar khususnya kepada kegiatan konvoi, pawai dan penggunaan knalpot brong sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.
Ketika dikonfirmasi Kapolres Lumajang AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban membenarkan himbauan pada surat edaran itu dan akan semaksimal mungkin menjaga wilayah Lumajang supaya tetap kondusif hingga perayaan selesai.
“Nantinya anggota kami akan saya kumpulkan tanpa terkecuali pada tanggal 31 Desember 2018 pukul 17.00 WIB. Hal ini terkait perayaan tahun baru, sehingga masyarakat akan lebih tenang dan aman dengan kehadiran banyaknya anggota Polri. Selain itu kami juga akan menindak tegas pelanggar peraturan, khususnya pengguna kendaraan dengan knalpot brong serta yang tetap memaksakan diri untuk melaksanakan konvoi di pergantian tahun ini,” tegas Arsal.
Kapolres menambahkan, surat edaran ini ditujukan kepada semua warga Lumajang dengan tujuan agar dalam perayaan malam tahun baru masyarakat Lumajang dapat merayakan dengan aman tenang dan nyaman.
(Enel)
loading...