PB, Kendari – Tidak lama lagi, Kodim 1417/Kendari akan menggelar TMMD ke 104 tahun 2019.
Komandan Kodim 1417/Kendari Letkol Cpn. Fajar Lutvi Haris Wijaya, SE., M.I.Pol., mengatakan TMMD ke 104 itu akan dilaksanakan di Kecamatan Anggotoa Kabupaten Konawe.
Oleh karenanya, berbagai kegiatan penyiapan seperti peninjauan sasaran fisik, rapat pemantapan dengan pemda dan stakeholder terkait telah dilaksanakan guna memaksimalkan program kerja tersebut.
Dandim 1417 Kendari juga mengatakan, terdapat 2 sasaran program kerja TMMD ke 104 yang akan dilaksanakan, yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik.
“Sasaran fisik TMMD 104 yang akan dilaksanakan, yakni pekerjaan pembangunan jalan usaha tani, pembangunan jalan kerikil desa, melaksanakan kegiatan inseminasi buatan untuk peternakan sapi dan rehabilitasi tempat ibadah masjid dan gereja,” ujar Dandim, Rabu (9/1).
Sementara program non fisik kata dia meliputi penyuluhan narkoba dan HIV, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, dan penyuluhan peternakan dan pertanian.
Letkol Cpn Fajar menambahkan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud operasi bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.
“Ini dalam rangka meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana,” jelasnya.
Untuk diketahui Program ini juga telah sesuai dengan prosedur dimana kegiatan ini merupakan sasaran prioritas masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan produksi padi dan peternakan sapi di wilayah Kabupaten Konawe.
 “Selain itu Program TMMD yang akan digelar di Konawe ini juga bertujuan untuk mendukung visi misi pemerintah Konawe guna mensukseskan sejuta ton beras dan sejuta ekor sapi,” tutupnya.
(Enel)
loading...