PB, Aceh Utara – Upaya penyelundupan sebanyak 70 bungkus atau seberat kurang lebih 73.949,43 gram Methamphetamine shabu dan 10.000 butir atau seberat kurang lebih 2.272,79 gram ekstasi dari Thailand  berhasil digagalkan aparat.
“Puluhan Kg shabu dan ribuam ekstasi itu diamankan di Perairan Jambuaye Kecamatan Panton Labu Aceh Utara oleh Tim Gabungan TNI AL, BNN Dan Bea Cukai,” ujar Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari dalam konfernsi pers di Dermaga Bea cukai Belawan, Selasa (15/1)
Arman Depari menjelaskan bahwa  kronologis penggagalan itu bermula, pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019 sekira pukul 09.00 WIB Tim menangkap 3 orang laki-laki atas nama Saiful Bahri alias Pun, Muhammad Zubir dan Muhammad Zakir karena membawa barang narkotika jenis shabu dan jenis pil ekstasi.
Lanjutnya, Tim melakukan pengembangan pada tanggal 14 Januari 2019 dan berhasil menangkap 1 orang lagi pelaku yaitu perempuan atas nama Metaliana yang merupakan istri dari Muhammad Zubir.
Dari Metaliana ini kata Arman, berhasil diperoleh informasi bahwa Metaliana yang menyuruh suaminya ke laut untuk mengambil pesanan barang yang diperintahkan oleh Ramli bin Arbi alias Bang li (55 ) yang merupakan narapidana di Lapas Tanjung Gusta Medan yang berperan sebagai pengendali dan pemesan barang haram tersebut dari Malaysia.
“Dari keseluruhan tersangka, Tim berhasil mengamankan 5  orang pelaku dan 1 DPO. Seluruh tersangka merupakan warga Aceh Timur,” jelas Arman Depari.
Irjen Arman menambahkan, selain mengamankan 5 tersangka, petugas gabungan turut serta mengamankan 1 unit Kapal Motor Karibia, 3  buah Handphone Seluler, 1 buah Handphone Satelit, 1 unit GPS, 1  buah Kompas dan masing-masing identitas tersangka.
“Para tersangka terancam Pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat(1),” pungkasnya.
(Enel)
loading...