PB, Kendari — Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna memimpin pelaksanaan upacara peringatan hari Dharma Samudera tahun 2019, di Mako Lanal Kendari, Selasa (15/1).
Dalam upacara peringatan Hari Dharma Samudera tersebut juga dihadiri oleh Perwira Staf, Para Perwira, Danposal jajaran Lanal Kendari, Bintara, Tamtama serta PNS Lanal Kendari.
Danlanal Kendari yang membacakan amanat Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Siwi Sukma Aji, S.E., M.M. mengatakan, upacara yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini merupakan upacara memperingati gugurnya sang kusuma bangsa Komodor Yos Sudarso  bersama awak RI Macan Tutul pada peristiwa heroik dalam upaya mempertahankan NKRI yang terjadi di laut Aru pada 57 tahun yang silam tepatnya 15 Januari 1962.
“Dimana telah terjadi pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat terpedo TNI AL yaitu RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih pada masa itu,” ujarnya.
Lanjutnya, ketiga kapal cepat ALRI, yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan tiga kapal Kombatan Utama dan sebuah pesawat udara Angkatan Laut Belanda.
“Ketiga kapal tersebut tergabung dalam Satuan Tugas Chusus-9 atau STC 9 dengan mengemban misi infiltrasi mendaratkan pasukan Angkatan Darat di Timur Kaimana sebagai langkah awal perjuangan Trikora,” ujarnya lagi.
“Sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai prajurit Matra Laut pengawal samudera, sikap kesatria dan rela berkorban yang ditunjukan oleh para pendahulu kita sudah seharusnya dapat dijadikan contoh dan suri tauladan bagi kita semua,” imbuhnya.
Dia mengingatkan agar seluruh Personel TNI AL meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pahlawan samudera seperti semangat pengabdian yang tulus ikhlas, pantang menyerah dan rela berkorban demi menjaga harkat dan martabat bangsa, maupun sikap teguh pada tujuan yang dilandasi keberanian dan jiwa kesatria sebagai prajurit Matra Laut sejati.
“Kita semua dapat mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan patriotisme dan kepahlawanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit Matra Laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang andal dan disegani serta berkelas dunia,” harapnya.
(Salim Budi Agung)
loading...