PB, Lumajang — Petugas gabungan dari Polres Lumajang, Polsek Klakah, Koramil Klakah beserta Aparat Desa Klakah berhasil menggagalkan aksi pencurian ternak di Dusun Krajan, Desa Kudus, Kecamatan Klakah Rabu dinihari (16/1).
Adalah ternak sapi milik Sumari, yang berusaha diambil oleh komplotan pencuri ini.
Untung saja korban yang sudah mengetahui ada seseorang yang mengendap-endap masuk ke kandang miliknya, langsung bergegas menghubungi perangkat desa setempat yang kebetulan sedang bergabung dengan anggota Kepolisian serta Koramil untuk melaksanakan patroli.
Tidak berselang lama petugas pun langsung meluncur ke lokasi kandang sapi tersebut.
Pelaku yang mengetahui petugas datang, langsung kabur tanpa membawa sapi yang ternyata sudah tak terikat dengan tali pancang tersebut.
Sempat terjadi kejar-kejaran, pelaku yang ketakutan langsung nekat lari kearah areal tegal yang ditanami pohon sengon serta tebu milik warga.
Meskipun petugas belum berhasil menangkap pelaku, namun setidaknya berhasil menyelamatkan dua hewan ternak warga dari kasus pencurian.
Sumari mengatakan sangat berterima kasih kepada petugas yang telah membantunya sehingga tidak sampai kehilangan hewan ternaknya.
“Saya sangat berterima kasih atas kinerja petugas gabungan TNI-Polri ini. Awalnya saya sempat berpikiran yang tidak tidak melihat petugas sering berpatroli dengan senjata lengkap di wilayah kami, ternyata saya secara pribadi sangat terbantu dengan adanya mereka. Sekali lagi, saya sangat berterima kasih kepada bapak bapak petugas,” ungkap Sumari dengan ekspresi wajah yang sangat sumringah.
Semnetara itu Kapolres Lumajang AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban yang mengetahui kejadian tersebut, kembali mengingatkan akan pentingnya penggunaan rantai sapi yang telah digagasnya.
“Pada kejadian dini hari tadi, untung saja si pemilik hewan ternak mengetahui kalau ternaknya menjadi incaran para komplotan pencuri sapi ini. Saya sangat menganjurkan penggunaan rantai sapi, karena kemarin malam kan tali pengikat sudah lepas dan untung saja petugas dapat datang pada waktu yang tepat. Kalau hewan ternak tersebut memakai rantai sapi, saya yakin pelaku akan berfikir dua kali untuk melepas rantai tersebut,” tegas Arsal.
(Enel)
loading...