PB, Lumajang – Kapolres Lumajang AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban mengatakan harga pasaran Ayam Bangkok impor yang dicuri di Lumajang mencapai jutaan rupiah perekor.
“Ayam seperti ini bisa berharga 8 juta Rupiah hingga 10 juta Rupiah, seharga dengan satu buah motor,” ungkap Arsal saat press release kasus pencurian Ayam Bangkok Impor di TKP, Kamis (24/1).
Anehnya lanjut Kapolres dua tersangka yakni Kus dan Zainul Arifin tidak mengetahui harga pasaran dari ayam Bangkok impor tersebut.
“Mereka tidak tau harga sehingga mereka hanya menjualnya seratusan ribu perekor,” ujarnya lagi.
Pada kesempatan itu Kapolres juga mengatakan pencurian itu berawal saat kedua tersangka mendengar kabar burung bahwa didalam gudang milik korban terdapat ayam bagus yang dapat dijual dengan harga tinggi.
Lanjutnya, mereka berduapun langsung melancarkan aksinya pada dini hari sekira pukul 02.30 WIB dengan cara menjebol tembok gudang yang terbuat dari batako denga menggunakan linggis yang memang telah dipersiapkan oleh kedua pelaku.
“Setelah berhasil membobol tembok, salah satu dari pelaku masuk dan langsung memasukan ayam tersebut ke dalam karung. Ke 19 ayam tersebut terbagi kedalam 4 karung yang juga telah dipersiapkan oleh pelaku. Mereka berdua mengaku menjual ayam tersebut dengan harga seratus ribu Rupaih per ekornya kepada seorang penadah yang juga telah diperiksa oleh petugas,” terang Kapolres.
Sementara itu Yohanes, sang pemilik gudang mengatakan ada sekira 80 ekor ayam Bangkok yang dibudidayakan di area peternakan miliknya tersebut.
“Sudah kurang lebih 10 tahun saya menjalankan bisnis jual beli ayam Bangkok impor ini. Pembeli saya juga bermacam macam, ada yang dari Surabaya, Jakarta dan juga Jambi. Selain itu disini juga mengembangkan Anjing herder yang dilatih untuk diikutkan dalam kompetisi tingkat nasional,” jelas Yohanes.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya pada tanggal 19 Januari 2019 lalu Tim Cobra Sat Reskrim Polres Lumajang berhasil menangkap penjarah gudang milik Sumber Mas Lumajang di Dusun Krajan Desa Besuk Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang yang mengakibatkan raibnya 19 ekor ayam Bangkok impor.
Kedua tersangka adalah Kusnadi alias Kus (28) dan Zainul Arifin alias Zainul Bin Sukari (35) yang keduanya merupakan warga Dusun Sumbersari Desa Jokarto Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang.
(Enel)
loading...