PB, Jakarta — Politisi Rizal Ramli meyakini capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin bakal keok dalam Pilpres 2019.
Pasalnya kata RR, pasangan petahana tersebut tidak akan memenangkan pertarungan di Pulau Jawa yang merupakan front pertarungan sesungguhnya dalam pilpres tahun ini.
“Di Jakarta saya yakin Jokowi kalah lebih dari 15 persen, meskipun timses Jokowi mengatakan Jokowi hanya kalah 10 persen,”  ujar Mantan Menko Kemaritiman itu kepada redaksi pembawaberita.com, Kamis (7/2).
Ketua Dewan Pembina Asprindo itu juga mengatakan bahwa, di Banten, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin bakal kalah 9 persen sedangkan di Jawa Barat pasangan Jokowi-Ma’ruf bakal kalah 5 persen.
“Kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya akan terjadi di dua wilayah Jawa, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar RR lagi.
Di Jawa Tengah RR memprediksi, Jokowi hanya akan menang 10 persen meskipun Timses Jokowi yakin menang 30 persen.
“Sedangkan di Jawa Timur Jokowi-Ma’ruf hanya akan menang 5 persen,” tutur ekonom senior itu.
Selain di Pulau Jawa, Rizal Ramli juga memprediksi Jokowi-Ma’ruf akan mengalami kekalahan di beberapa wilayah di Indonesia khususnya di Sumatera dan Sulawesi.
“Seluruh Sumatera Jokowi kalah, kecuali di Lampung. Sedangkan di Kalimantan, Jokowi akan menang di Kalbar, Kalsel, Kalteng, dan Kaltim,” terangnya.
Meski demikian, Rizal Ramli tidak menyebut perkiraan persentase kekalahan Jokowi yang disebutkannya tersebut
RR menambahkan bahwa di Indonesia Timur, pasangan Jokowi-Ma’ruf hanya akan menang di Papua, karena tinggal beli saja nokennya.
“Kemudian di Bali, sebagian Manado dan NTT,” tuturnya.
(Redaksi)
loading...