PB, Lumajang — Lumajang berhasil menemukan sapi yang hilang milik Matasan, di Desa Bago Kec Pasirian, Rabu (13/2).
Warga Dusun Karanganyar RT 03 RW 04 Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Lumajang itu mengaku kehilangan sapi pada hari yang sama sekira pukul 02.00 WIB dini hari.
Ekspedisi pencarian satu ekor sapi jantan jenis limusin yang hilang melibatkan anjing pelacak binaan Polres Lumajang untuk menangkap pelaku pencuri sapi tersebut.
Bersinergi dengan Satgas Keamanan Desa Kalibendo, Koramil dan Polsek pasirian, jejak dari sapi tersebut  ditelusuri sejauh 5 km.
Akhirnya sapi yang hilang tersebut ditemukan di sebuah kebun tebu milik warga setempat.
Kapolres Lumajang AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban menuturkan
saat ini pihaknya sedang mengembangkan konsep penanganan kasus kejahatan menggunakan anjing pelacak.
Kata dia terdapat 2 ekor anjing pelacak yang sedang dilatih oleh pihaknya yaitu jenis doberman dan jenis malinois.
“Anjing pelacak jenis malinois ini merupakan anjing yang sangat cerdas dan licah dalam melacak jejak pelaku kriminal. Selain cerdas dan lincah juga sangat ganas, karena kalau sudah digigit, tidak akan dilepas sampai pawangnya datang. Tim K9 sendiri posisinya berada dalam kendali Tim Cobra Polres Lumajang,” ujar Arsal
Senada dengan itu Kasat Reskrim AKP Hasran Cobra juga menegaskan bahwa Tim Cobra bertekad akan segera mengungkap dalang dibalik pencurian sapi ini.
“Karena jika dibiarkan akan meresahkan masyarakat. Oleh karena itu serahkan pada Tim Cobra, karena jika Tim Cobra sudah turun maka tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Kami akan manfaatkan anjing pelacak yang sudah kami latih,” jelas AKP Hasran.
(Redaksi)
loading...