PB, Keerom — Disela-sela kesibukannya  mengamankan wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725 Woroagi bersama Koramil 1701-06/Senggi dengan menggandeng Puskesmas Senggi melaksanakan kegiatan Nusantara Sehat.
Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 12 dan13 Februari di dua sekolah, Sekolah Dasar Inpres SP1 Senggi Kampung Woslay dan Sekolah Dasar Soon.
Penanggung jawab kegiatan Kapten Inf. Darul Ulum mengatakan dalam program Nusantara Sehat ini terdapat beberapa kegiatan yang mana salah satunya yaitu, penyuluhan pola hidup sehat.
Pada kegiatan ini kata dia, dilakukan praktek cuci tangan pakek sabun (CTPS) yang dilakukan oleh  anggota Yonif 725/ Wrg dan Puskesmas Senggi.
Lanjutnya kegiatan yang dipimpinnya melibatkan 20 orang personel Pos Kotis Senggi, Koramil 1701-06/Senggi beserta Puskesmas Senggi itu sendiri.
Sebelum kegiatan CTPS dimulai kata dia, para anggota TNI mengadakan kegiatan hiburan yaitu Senam Maumere,  lomba masukan sarung, lomba balap karung estafet, dan lomba masukan kelereng dalam botol serta pemberian bingkisan kepada murid-murid yang ikut lomba, sebagai motifasi bagi murid untuk semangat dalam belajar.
Darul Ulum menerangkan bahwa perlunya menggalakkan kebersihan bagi anak Indonesia agar terbiasa hidup bersih yang terbebas dari bakteri dan penyakit.
“Penyakit yang diakibatkan berkaitan dengan air, sanitasi dan perilaku hidup bersih dan sehat, masih menjadi perhatian serius di masyarakat, seperti rendahnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun pada saat yang penting,” terangnya.
Dia menjelaskan bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapkan tahun 2008 sebagai tahun Sanitasi Internasional bekerjasama dengan pemerintah maupun swasta di dunia untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.
“Hal ini guna mencegah penyakit dengan membiasakan hidup sehat, karena tangan merupakan salah satu jalur penularan berbagai penyakit menular seperti diare, ISPA, cacingan dan penyakit menular lainnya,” jelasnya.
Dia menambahkan bahwa kegiatan ini disambut baik oleh para murid dan guru-guru di sekolah dasar tersebut
Senada dengan itu, Kepala SD Inpres Suwarji mengatakan pihaknya sangat senang dengan kegiatan ini karena murid-murid sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
“Kami berterima kasih terhadap anggota TNI dan puskesmas mau perduli dengan kesehatan murid-murid disini,” ujar Suwarji.
(Redaksi)
loading...