PB, Palopo — Pangkalan Utama TNI AL VI mengirim pasukannya dari Prajurit Marinir Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar mengikuti upacara pemakaman Sertu Anumerta Yusdin di Taman Makam Pahlawan Kota Palopo Sulsel, Sabtu (9/3)

Sertu Anumerta Yusdin (anggota Kopasus) adalah salah satu dari tiga korban yang gugur tertembak oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di wilayah Distrik Yigi Kabupaten Nduga Papua pada hari Kamis (7/3) lalu.

 

Upacara pemakaman jenazah dilaksanakan secara militer yang dipimpin langsung oleh Kolonel Inf Eliyas Mamami yang sehari-hari bertugas sebagai Pabandya Nubika Kopasus.

 

Suasana haru sangat terasa saat upacara militer pemakaman jenazah Sertu Anumerta Yusdin .

Meskipun telah ikhlas melepas putranya, nampak orangtua Sertu Anumerta Yusdin, Sanatang merasa sangat kehilangan dan terpukul.

 

Dalam sambutannya Sanatang memohon permintaan maaf apabila ada kesalahan yang telag diperbuat anaknya semasa hidupnya.

 

“Kami dari pihak keluarga mengucapkan banyak terimakasih dari Marinir TNI AL dan semua pihak yang banyak membantu mulai dari penjemputan jenazah di Makassar sampai dengan selesainya pemakaman,” ucap Sanatang.

 

Sementara itu Komandan Kompi B Yonmarhanlan VI Kapten Marinir Lasifati
yang ikut pemakaman mewakili Danyonmarhanlan VI Mayor Marinir Aang Andy Warta,  mengatakan Jenazah tiba di rumah duka di Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara, Kabuapten Luwu pada Sabtu dini hari (9/3).

 

” Keikutsertaan pasukan Marinir Lantamal VI dalam upacara pemakaman adalah sebagai wujud jiwa korsa dan turut merasa kehilangan atas gugurnya Sertu Yusdin dimedan tugas,” ujar Kapten Marinir Lasifati.

 

Upacara militer ditandai dengan upacara pelepasan yang dilaksanakan dirumah duka dan dilanjutkan dengan sholat jenazah, kemudian jenazah diberangkatkan ke pemakaman dengan diantar para keluarga handai taulan dan prajurit TNI ke peristirahatan terakhirnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 142/Tatag Eventius Teddy Danarto, Bupati Luwu Basmin Matayyang, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf. M. Imasfy, Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso serta kerabat dan handai taulan.

 

(Redaksi)

loading...