PB, Lumajang — Tim Cobra Polres Lumajang berhasil mengungkap tindak pidana perampokan yg terjadi di Toko/Konter Hp “Rama Cell” di Dusun Kedungpakis, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang pada Jum’at tanggal 22 Pebruari 2019, sekira pukul 06.00 WIB.

Korban atas nama Erwan Redi Susilo (37), Warga Dusun Sentono, Desa Krai, Kecamatan Yosowilangun, Lumajang melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pasirian dengan membawa 23 buah HP dari berbagai macam merk dosbook Hp yang telah dicecer oleh pelaku.

Dari barang bukti dari Korban Tim Cobra berhasil melacak jejak para tersangka dan berdasarkan Hasil lidik berhasil menangkap Tersangka yang diketahui bernama Joko Susilo di Tempat Pemancingan Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari, Jember, pada hari Selasa (12/3) sekira pukul 22. 00 WIB.

 

Dari tangan tersangka disita berbagai barang bukti mulai dari HP, laptop dan tas.

 

Joko mendapat HP tersebut dari adiknya yakni tersangka Wahyudi Riskiyanto, kemudian Tim Cobra melakukan pengejaran terhadap Tersangka lainya.

 

Kemudian pada hari Rabu (13/3) sekira pukul 01.58 WIB, Tim Cobra berhasil menangkap tersangka Wahyudi Riskiyanto di Dusun Ledok, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Lumajang.

Pada saat dilakukan penangkapan tersangka Wahyudi Riskiyanto melakukan perlawanan sehingga Tim Cobra harus memberikan tindakan tegas tembakan kea rah kaki.

 

Dari hasil introgasi Tersangka Wahyudi Riskiyanto, dirinya mengakui melakukan tindakan curat bersama dengan tersangka Usman Suwandana dan tersangka Jordan dalam mengeksekusi TKP Toko Konter Rama Taman Pasirian.

Kemudian pada pukul 04.00 Wib, Tim Cobra berhasil menangkap tersangka Usman Suwandana di rumahnya Dusun Gaplek, Desa Pasirian, Lumajang.

 

Kemudian Tim Cobra melakukan pengejaran kepada tersangka Jordan namun yang bersangkutan tidak berada di rumah.

 

Dari hasil interogasi terhadap tersangka Wahyudi Riskiyanto HP yang dicuri selain diserahkan ke tersangka Joko Susilo juga diberikan kepada tersangka Riski Wahyu Imansyah.

 

Pada pukul 04.30 WIB, Tim Cobra juga berhasil menangkap tersangka Riski Wahyu Imansyah di rumahnya.

Tersangka dan barang bukti berupa 23 HP berbagai merk, 10 kepala charger HP, 1 buah Laptop merk Lenovo warna hitam, 1 buah tas merk Consina tipe escrot, 1 Sepeda motor Yamah Vega R th 2004 Warna Biru putih, Nopol : L- 2970-DB, 6 buah Batery HP, 4 buah Sperpat HP,.7 buah pengaman,.9 buah kabel carger, 6 buah Doshbook HP, 74 buah kartu perdana dan voucher kartu dari berbagai merk diamankan di Mapolres Lumajang.

 

“Alhamdullah kami berhasil mengamankan pelaku tindak pidana perampokan yang terjadi 22 Pebruari 2019 lalu,” ujar Kapolres Lumajang AKBP Dr. Arsal Sahban.

 

Kata Kapolres, komplotan perampok ini berhasil menjarah sebagian besar isi konter tersebut dan membawa kabur barang barang tersebut, namun karena kesigapan Tim Cobra dalam upaya pengungkapan tindak pidana tersebut, sebagian besar barang bukti berhasil diamankan dari tangan para tersangka besarta pelakunya.

 

“Meski ada 1 yang berhasil lolos, tapi kami tidak akan tinggal diam dan akan memburu pelaku tersebut. Sejauh apapun perginya pelaku kejahatan akan meningalkan jejak dan itu dapat ditelusuri untuk mengungkap tindak kejahatannya,” tegas Arsal

 

Sementara itu Katim Cobra AKP Hasran Cobra menegaskan bahwa pihaknya telah mengantongi data dari tersangka yang berhasil melarikan diri itu.

 

“Cepat atau lambat pasti akan kami tangkap, oleh karena itu saya perintahkan agar tersangka menyerahkan diri dengan baik baik sebelum bertemu dengan Tim Cobra karena jika sampai bertemu Cobra maka tau sendiri akibatnya,” tegas Hasran

Dia menambahkan bahwa tersangka dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun.

 

 

(Redaksi)

loading...