Ekonom senior Dr. Rizal Ramli sepertinya sudah lelah mengingatkan Jokowi untuk segera kembali ke jalan yang benar, yakni ke ideologi bangsa dan ajaran Trisakti.
Berbagai jalan keluar dari dampak buruk paham neoliberalisme, neokapitalisme, dan neokolonialisme terhadap negeri ini pernah ia tawarkan, namun tak jua digubris.
Mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid tersebut melihat pemerintahan Jokowi sudah melenceng jauh.
“Jokowi sudah meninggalkan Trisakti, sudah waktunya kita tinggalkan Jokowi,” kata RR dikutip rakyatmerdekaonline.com Jum’at (15/3).
Ketua Dewan Pembina DPP Asprindo itu geram Jokowi nyaris tidak ada keberpihakan terhadap para petani dengan sejumlah kebijakan impor.
“Bagaimana bisa, lagi enak-enaknya panen, pemerintah impor beras, garam dan gula. Apa nggak mikir dampaknya terhadap kehidupan mereka (petani)? sudahlah rakyat sudah sadar,” tegas mantan Menko Kemaritiman itu.
Makanya, masih kata RR, capres yang layak dipilih di Pilpres 2019 nanti adalah sosok yang menjalankan program untuk kepentingan rakyat semata.
“Bagaimana bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperhatikan nasib pendidikan kita, menjaga budaya kita agar tetap dipandang dunia internasional ya intinya bagaimana menjaga Trisakti,” tutupnya.
loading...