PB, Makassar — Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal VI Mayor Laut (K) drg. Heri Herliana, Sp. B.M., M.H.Kes, M.Tr (Opsla) tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Bendera di Lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Senin (25/3).

Upacara yang rutin dilaksanakan di setiap hari Senin ini diikuti oleh Kompi Perwira, Bintara, Tamtama, PNS serta Yonmarhanlan VI.

Dalam sambutannya, Kadiskes Lantamal VI menyampaikan untuk mempergunakan fasilitas kesehatan yang telah disediakan oleh Dinas TNI AL.

 

“Karena merupakan hak dari setiap prajurit dan keluarganya, sebagaimana diatur dalam UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI Pasal 50 disebutkan bahwa setiap prajurit serta keluarganya dan prajurit siswa berhak atas rawatan kesehatan,” ujarnya.

Kadiskes Lantamal VI juga menghimbau kepada seluruh Personel Lantamal VI melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikkes) rutin agar dapat dipantau status kesehatannya serta dapat mendeteksi secara dini jika terdapat gejala-gejala dari penyakit tertentu sehingga dapat diantisipasi dengan perawatan yang tepat.

“Keberhasilan Pelaksanaan tugas pokok TNI AL sangat bergantung dengan kesiap siagaan personel khususnya kesehatannya, karena secanggih apapun alutsista yang dimiliki akan menjadi tidak berarti jika personel pengawaknya tidak dalam kondisi yang sehat,” katanya.

Selanjutnya, menjelang pelaksanaan Pemilu Presiden dan Legiaslatif pada tanggal 17 April 2019 mendatang, Kadiskes Lantamal VI juga menyampaikan penekanan dari pemimpin tertinggi TNI bahwa setiap anggota TNI wajib menjaga Netralitasnya dengan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis baik di dunia nyata maupun di dunia maya (Sosial media).

 

“Tugas TNI dan POLRI dalam Pemilu adalah mengamankan berjalannya kegiatan tersebut secara aman dan kondusif,” ujarnya.

“Kesehatan bukan berarti segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya akan menjadi tidak berarti,” pungkas Kadiskes Lantamal VI.

 

(Redaksi)

loading...