PB, JAKARTA – Usai peresmian MRT Jakarta, yang dilakukan Joko Widodo, bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang juga dihadiri oleh mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo, Minggu (24/3/19) pagi. Rupanya membuat Anies Baswedan perlu untuk mengucapkan terimakasih kepada seluruh pekerja pembangunan MRT, hingga ke kalangan pekerja kasar. Anies Baswedan melalui akun Facebooknya menulis dan sekaligus membagikan foto-foto para pekerja yang sedang melakukan pekerjaan pembangunan.

Dan di kolom komentar ternyata mendapatkan respon positif, termasuk dari para pekerja dan juga istri dari para pekerja yang sempat melihat postingan Anies Baswedan. Berikut isi tulisan yang disukai hingga 30 ribu akun, disertai beberapa foto pekerja, dan sekitar 7,9 ribu komentar, namun hanya beberapa yang dapat kami muat.

Kepada Yth.
Para Pekerja Pembangunan MRT Jakarta

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Ibu dan Bapak yang saya hormati, saya menuliskan pesan ini untuk ucapkan terima kasih. Mengirimkan apresiasi pada semua yang pernah bekerja untuk membangun MRT ini.

Saya sudah berkali-kali naik MRT, tapi tadi pagi berbeda. Pagi ini bersejarah karena MRT akan diresmikan. Di perjalanan menuju lokasi acara, wajah para pekerja itulah yang muncul di benak saya.

Mereka yang berpeluh siang malam. Saya tahu persis karena hampir setiap malam lewat sekitar tiang-tiang pancang. Di malam gulita, saat mayoritas warga telah tidur, Anda semua masih berkeringat. Bekerja tanpa henti.

Ibu, Bapak dan Saudara semua, kerja keras itu, butiran keringat jernih itu yang membuat bangsa kita bisa cemerlang. MRT adalah kristal cemerlang dari keringat Ibu, Bapak dan Saudara semua.

Kita tahu bahwa Borobudur itu dibangun selama lebih dari 100 tahun; bangsa kita memang punya stamina untuk membuat karya monumental lintas masa. Kita kagum karyanya tapi tak pernah kenal nama-nama para pekerjanya. Memang para pekerja di balik karya besar selalu tersembunyi, tapi karyanya dirasakan dan membanggakan.

Saya sudah meminta kepada Direksi PT. MRT bahwa kali ini harap dicatat setiap nama yang terlibat, sekecil apapun termasuk para pekerja paling operasional. Dokumentasikan semua, dan izinkan kami, bangsa Indonesia, mengenal orang-orang yang bekerja keras dalam sunyi untuk mengubah wajah ibu kota.

Hari ini mungkin Anda di rumah, menonton di televisi atau membaca beritanya. Anda tidak berada di lokasi, tak menyaksikan langsung hasil kerja keras yang anda lakukan. Tapi ketahuilah, tepuk tangan tadi membahana. Ribuan bertepuk-tangan. Izinkan saya menegaskan bahwa tepuk tangan itu sesungguhnya untuk Anda, untuk tiap jiwa yang bekerja dalam senyap.

Bapak, Ibu dan Saudara semua, Anda telah mengubah wajah ibu kota, hasil kerja Anda akan memudahkan hidup jutaan orang selama puluhan tahun yang akan datang. Mereka semua hampir pasti tidak kenal dengan nama Anda tapi semua pasti merasakan karya Anda yang akan berbekas sepanjang sejarah.

Kami yang berdiri di atas panggung saat ini, gelintiran jumlahnya, tak sebanding dengan Ibu-Bapak yang ratusan ribu jumlahnya yang bekerja tak tampak, jauh dari sorotan publik.

Atas nama rakyat Jakarta, saya mengirimkan rasa terima kasih dan rasa hormat pada Ibu, Bapak dan Saudara semua. Di manapun Anda berada, kami mendoakan. Semoga tiap butir keringat itu akan dicatat sebagai amal shaleh, dan setiap kemudahan yang dirasakan oleh pengguna MRT akan dicatat sebagai amal jariyah bagi Anda semua.

Wassalamu’alaikum warrahmatulahi wabarakatuh.

Salam,
Anies Baswedan

 

 

Aang Junior Terima kasih pak anis..

Saya mewakili temen temen saya yg kerja y hampir 80% di proyek sbagai tukang.. saya ngucapin terima kasih..
Entah knpa pas membaca y hati rasa sedih karna terharu..
Asep Sama”bpk gubenur, ini sy yg terlibat langsung dnga pembangunan tiang MRT betul yg bpk bilang disaat orng”jkrta pada tidur lelap kami msh keluar keringat,kami seorang kuli dri sub kontraktor ga perlu pujian karna kami juga pnya tanggung jawab buat klrga kecil kami,dan smoga apa yg kami lakukan bermanfaat untuk orng banyak, terima kasih pa ANIS amoga bpk slalu sehat dan di beri umur panjang.
Karel Gustav Fanani Setiap kalimat yg tertulis tidak lupa engkau menulis kami ,kita dan pemprov DKI ,itulah adab sesungguhnya dari seorang pemimpin ..

#BarakaAllah bang …

Muhhamad Rizki Saya begitu bangga bisa bekerja di proyek bendungan ciawi ( kali ciliwung)
Semoga lelah saya dan karyawan pt abipraya bisa bikin jkarta ga banjir lagi
Noey Hikmah Terharu dg perhatian pak anies…termasuk suami saya yg bekerja disana..kadang hari libur pun dipakai buat bekerja…pagi berangkat..di atas jam 9 malam baru pulang…
Wuland Kami (saya dan teman2 diluar Jakarta yang mengagumi bapak Anies) meskipun bukan penduduk Jakarta, ijinkan kami mendoakan selalu agar pak Anies Baswedan dan keluarga beserta jajaran pemrov senantiasa Allah curahkankan berkah yang berlimpah, dilindungi ALihat Lainnya
Laila Nahwa Harun Yg resmikan kok Joko Widodo?? Bukankah itu 99% milik BUMD DKI??..
Ah sudahlah…pak jae memang doyan gunting pita…sekalian manfaatin kampanye mereka disana… yang sabar ya pak Anies Baswedan rakyat tau siapa yg pantas di hargai..😊
Doy Putra Chikal Kami juga bnyak ngucapin trimakasih,,lau kerja keras kami d terima kami ank2 dr rangkasbitung yg ikut bangun proyek dr stasiun fatmawati,blok a,blok m,sisingamangaraja,,kami bagian pemasangan Swp (sandwisc panel,)ber sm SBI moduler,,mengucap kn trima kasih,,semoga bermanpaat sy ikut bangga
Gabby Thea inilah gubenur rasa presiden…menghargai hasil karya org lain..bukan mengklaim jerih payah org lain…salam akal sehat n salam 👆jari
Husniah Haritsah Suami saya terlibat proyek MRT ini, di MOC. Satu ruangan dengan para Expert dari Jepang. Pulang malam2. Tanggal merahpun kadang masuk.
Asep Muhlis Imamuddin Terharu bacanya ….saya sbg pekerja proyek atau istilah kasarnya kuli bangunan baru kali ini ada seorang gubernur yg berterimakasih kpd kuli mengapresiasi hasil kerja kami …
Saya bangga padamu pak anis..
Terima kasih …
Syarif Bugis Love You Pak Anies…engkaulah gubernur yang paling tahu rasa terima kasih atas perjuangan Rakyatmu…

Semoga kelak engkau yang akan memimpin bangsa ini setelah kepemimpinan ayahanda Prabowo SubiantoLihat Lainnya

Efri Safitra Narasi Dr pemimpin yg Keren… Menghargai semua org2 yg terlibat dlm proses…. High class…. Right man on the right place…
😁
Vela Nicka Nantez ya Allah , , aku nangis baca nya….klihtan bgt org ikhlas dn brpndidikn nya …sht sllu ya pak ..ttp djln Allah SWT ..warga jkrta , gw iri sm kalian …klian punya gubernur yg sngat istimewa 😍😍 minjem 5 thn dong buat jabar😁
Kaureen Liza Ini baru manusia mulia, ajaran Rosul dahulukan adab baru ilmu dan itu diterapkan Pak Anies, menghargai kerja sekecil apapun jasa org lain termasuk adab..masya Allah semoga semakin byk muncul kepermukaan para pejabat berakhlak seperti Pak Anies..aamiin yra
Jati Aamiin…jadi ingat di bulan Ramadhan,3 hari 2 malam continue pemasangan Cubicle Metal Clad 24 Kv di Gardu PLN st. MRT Pulomas,semoga semua dapat beroperasi dengan lancar dan Doa pak Anies dikabulkan untuk semua yang pernah ikut andil dalam pengerjaan MRT
Maihendra Saja adab sebelum berilmu..diterapkan dlm adab menjaga LISAN..org baik akan ditempatkan bersama yg baik.. semoga kemuliaan selalu diberikan kpd Pemimpin” seperti pak Anies Baswedan .. 😊
Pramesywara Abu Miqdad Pak Anies, anda adalah manusia yang paling layak memimpin negara ini.
Semoga kelak, Allah mudahkan bangsa ini memilih anda jadi pemimpin negara Indonesia. Amin.
Lilis Purnamasari Ade sy termasuk salah satu pekerja di MRT ini, kdng krj smpe jm 2 pgi, lalu pgi nya udh krj lg, plg pun 2 minggu sekali, anak istrinya jd terbiasa ditinggal krj selama ber bln2
Kamal Papua Kok tulisan pak Anies beda banget sama sesebapak yang satu? Kalo pak Anies tak henti-henti nya mengapresiasi semua pihak yang terlibat mulai dari perencanaan, pengerjaan hingga operasional MRT. Sementara sesebapak satu sibuk mengklaim MRT terjadi karena kebijakan politik si anu dan si anu.
Nida Basyariyyah Pemimpin yang tak pernah melupakan jasa orang-orang di sekitarnya. Andai beliau yang jadi presidennya, mungkin peresmian hari ini jauh lebih adem dan nyaman.

Semoga sehat selalu, Pak. Saya yakin, next 2024, bapak yang harus jadi presiden RI. 👆

Ragil Satriyo Gumilang POLA PIKIR DAN DIKSI PEMIMPIN

Begitu pentingnya memilih pemimpin (pejabat publik) yang memiliki pola pikir dan diksi baik. Bukan hanya untuk mencegah salah tafsir dan konflik/perpecahan/kegaduhan di masyarakat, namun juga untuk menjaga harkat dirinya.

Lely Ersastri Masya Allah… Pak Anies Baswedan Yang Saya Hormati… Ijinkan saya mengagumi Bapak dalam senyap dalam sepi tanpa mengharap balasan.
Cecep Nurnawadin Enak ya bacanya, gaya bahasa pak anies emg laen dr yg laen… Menyejukan
Mukti Qomaruddin Ini berkat saya, kalo bukan saya ga akan sperti ini..
Saya yg ngecek kyek gini sampai 8 kali… Coba tunjukkan selain saya siapa yg bisa..
Kak Dev Captionnya bagus banget, Ma sha Alloh memuliakan orang orang yang bekerja. We love you pak’ .. Kalo boleh 5 tahun akan datang nitip indonesia yaa pak..😍😘

Gak mau berlebihan tapi bapak kerjanya nyata, memperkirakan hasil peluh pekerja. Semoga titik peluh mereka dan pak anis memikirkan jakarta dibayar syurgaNya, karena lelah itu akan jadi Lillah’

Mujian Daud Bangga sy jd warga DKI,,, apalagi punya pemimpin seperti pak Anies,,, sehat dan sukses selalu ya pak, tetaplah merendah dihadapan manusia, pasti dirimu kan ditinggikan oleh yg Maha Mencipta👆
Solihin Abas Saya bacanya merembes…..
Baru kali ini ada seorang pemimpin yang memberikan apresiasi yg tulus kepada para pekerja yang paling operasional dlm pengerjaan sebuah proyek. Biasanya yg diapresiasi adalah para inisiatornya, arsiteknya dan pembesar proyek…
Jefri Asmady Ini baru pemimpin…menghargai yg di bawah nya
Karna kita manusia itu sama
Bukan pangkat membezakan
Denni Susanto Indonesia bersyukur punya orang seperti bapak. Yang tidak melupakan jasa pekerja. Yang tidak suka main klaim aja
أحسن تقويم Gaya penulisannya santun banget. Merasa enak bacanya. Juga apresiasi buat para pekerja, dan semua saja yang terlibat. Kalian luar biasa….
Mahessa Jenar Menghargai sekecil apapun peran mereka dlm bekerja… Masya Allah,,, beginilah seharusnya pemimpin mampu menghargai dlm hal kecil…
Karena ada juga seorang pemimpin bilang ini karya gw…
#goodbener😉👆
loading...