PB, Tarakan — Gubernur Kaltara Irianto Lambrie membuka kegiatan pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia Kepariwisataan, bertemakan “Goes To School” di Ruang Pertemuan Royal Crown Restaurant, Kota Tarakan, Jum’at (12/4).
Kata Irianto kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan gairah pariwisata di Kalimantan Utara.
Lanjutnya, pariwisata memberikan pengaruh yang luas, bagi ekonomi sebuah negara. Mulai dari membuka kesempatan kerja, khususnya usaha perhotelan, UMKM, kerajinan, serta usaha besar seperti usaha angkutan transportasi dan lainnya. Negara yang pariwisatanya maju, cenderung modern. Karena dari pariwisata itu, bisa membentuk perekonomian yang kuat.
“Daerah atau negara yang bangkit pariwisatanya, manusianya pasti maju. Minimal, masyarakatnya mampu berkomunikasi dalam beberapa bahasa asing. Karena, nyaris tiap hari mereka berinteraksi dengan berbagai wisatawan mancanegara,” ujarnya.
Dia juga mengatakan bahwa pariwisata yang maju, juga mewujudkan interaksi sosial budaya, sehingga masyarakatnya makin memiliki sikap toleran, wilayah menjadi sehat, bersih.
“Masyarakatnya juga akan lebih ramah, tak mengusik privasi orang dan lainnya,” ujarnya lagi.
Dia mengingatkan egenerasi muda di Kaltara, khususnya Tarakan bahwa dunia kepariwisataan di Kaltara berpeluang besar untuk dikembangkan karena terdapat objek menarik yang dapat dikemas menjadi wisata minimal wisata domestik.
“Dunia kepariwisataan menampung tenaga kerja yang besar. Lulusan sekolah kepariwisataan berpeluang besar juga untuk tertampung. Tapi, juga harus diingat adapula sisi negatif dari kepariwisataan. Seperti, infiltrasi budaya asing yang tak sesuai dengan budaya lokal. Dampak ini harus dicegah, karena bangsa ini bangsa beragama,” jelasnya.
Dia menambahkan, potensi besar pariwisata di Indonesia tidak diimbangi dengan kemampuan SDM pariwisata yang belum mumpuni.
“Untuk promosinya pun membutuhkan dana yang besar. Dari itu, generasi muda sekarang harus mulai berpikir untuk memanfaatkan potensi besar kepariwisataan di Kaltara,” imbuhnya.
Dia pun berharap agar generasi muda Kaltara mengembangkan diri untuk dapat memanfaatkan potensi kepariwisataan sebagai peluang membangkitkan perekonomian.
(Redaksi)
loading...