PB, Kendari — Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sulawesi Tenggara La Ode Abdul Natsir mengatakan pihaknya bakal melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Kata dia, sesuai jadwal yang telah disusun, PSU tersebutbk akan dilaksanakan pada tanggal 27 April mendatang.

Lanjutnya, PSU tersebut dilakukan karena banyak pemilih yang menggunakan C.6 orang lain, dan ada juga pemilih yang menyalurkan hak suaranya namun tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“PSU ini sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu. Sampai malam ini kita mendapatkan rekomendasi 49 TPS,” kata Abdul Natsir dilansir anoatimes.id, Senin (22/4).

Menurutnya, sebenarnya terdapat 51 rekomendasi yang masuk dari Bawaslu. Namun setelah pihak KPU melakukan kroscek dan pengkajian ulang, dua TPS dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk dilakukan PSU.

“Dua TPS itu oleh KPU Kolaka itu dinyatakan tidak terbukti. Sehingga yang duanya itu tidak dilakukan PSU,” ucap Abdul Natsir lagi.

“Semua persiapan sudh rampung. Bahkan ada yang mau melakukan PSU lebih dulu seperti di Buton Selatan,” jelasnya.

Adapun TPS yang akan melakukan PSU di Sultra berdasarkan konfirmasi KPU adalah Kota Baubau 14 TPS, Kabupaten Kolaka 8 TPS, Konawe Selatan 2 TPS, Bombana 4 TPS, Kendari 6 TPS, Konawe Utara 4 TPS, Kolaka Utara 3 TPS, Kolaka Timur 1 TPS, Buton Selatan 2 TPS, Konawe Kepulauan 3 TPS, Buton Tengah 2 TPS.

Kota Baubau 14 TPS diantaranya TPS 1 Batulo, TPS 18 Bukit Wolio Indah, TPS 3 Kadolo Katapi, TPS 8 Sutanayo, TPS 2 Waruruma, TPS 5 Waruruma, TPS 3 Kadolomoko, TPS 2 Wajo, TPS 8 Lamangga, TPS 10 Lamangga, TPS 4 Bungi, TPS 4 Buabula, TPS 18 Polipoli.

Kendari 6 TPS di antaranya di TPS 7 Wundudopi, TPS 20 Kelurahan Rahandouna, TPS 10 Kemaraya dan TPS 1 Watuwatu.

Di Kolaka Timur TPS 2 Aere, Bombana TPS 5 Teppoe dan TPS 3 Lampoala, Konsel di TPS 5 Ambaepua. Busel di TPS 6 Batu Atas Timur dan TPS 1 Palandano Jaya. Sedangkan Kolut di TPS 3 dan 9 Lasusua. Konut di TPS 2 Mandiodo serta TPS 1 Tumbu-tumbu Jaya di Wawonii.

(Redaksi/Sumber)

loading...