PB, Makassar — Masih dalam suasana hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2019 kemarin, terpancar dalam semangat Tentara Wanita yang tergabung dalam Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Lantamal VI untuk menguji kemampuan fisiknya melalui test Kesegaran Jasmani (Garjas), Selasa (23/4).

Uji Garjas tersebut dilaksanakan di sekitar Mako Lantamal VI dengan dipandu oleh tim Pembinaan Fisik (Binsik) Disminpers Lantamal VI.

Sebelum pelaksanaan, Para Kowal Lantamal VI melakukan pengisian data dan pemeriksaan kesehatan agar mampu mengukur kemampuan sendiri untuk menghindari cidera atau kejadian yang tidak diinginkan.

Dalam tes Garjas kali ini, para Kowal Lantamal VI melaksanakan tes kategori A yaitu lari dengan waktu 12 menit dan tes kategori B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Lari membentuk angka 8 (Shuttle Run).

Terlihat, Semangat para Kowal Lantamal VI ini mengikuti satu per satu rangkaian tes tersebut menandakan bahwa semangat hari Kartini, para prajurit wanita TNI Angkatan Laut bisa melaksanakan tugas apapun itu demi menjaga keutuhan NKRI tercinta ini.

Menurut Perwira Tertua (Pater) Kowal Lantamal VI Letkol Laut (S/W) Nurmala, tes kesegaran Jasmani yang dilaksanakan ini terasa istemewa karena masih dalam suasana hari Kartini sehingga menjadi penyemangat bagi Kowal Lantamal VI melaksanakan rangkaian tes kesamaptaan periodik tahun 2019 yang berguna untuk menguji ketahanan fisik bagi prajurit wanita TNI Angkatan Laut.

“Dengan semangat hari Kartini, kami ingin membuktikan bahwa sebagai prajurit wanita TNI Angkatan Laut wajib mempunyai fisik dan mental yang kuat, salah satunya yaitu dengan cara menguji ketahanan fisik pada tes Kesegaran Jasmani yang dilaksanakan ini,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui Tes Garjas tersebut juga wajib dilaksanakan oleh seluruh prajurit Kowal yang berdinas di Lantamal VI yang dilaksanakan sebagai dukungan penilaian untuk salah satu syarat Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) periodik maupun seleksi berbagai pendidikan di lingkungan TNI AL.

loading...