PB, Makassar — Personel Lantamal VI yang beragama Islam mengikuti materi tentang huruf Tajwid Al-Qur’an bertempat di Masjid Jami’atul Bahari Mako Lantamal VI, Kamis (25/4). Adapun pembawa materi ceramah tentang huruf Tajwid Al-Qur’an ini adalah Letkol Laut (KH) As’ad.

Materi yang dibawakan pun dijelaskan secara singkat dan padat oleh penceramah melalui media layar slide show agar lebih mudah dimengerti oleh para Personel Lantamal VI.

“Bulan Ramadhan 1440 H sebentar lagi akan datang, oleh karena itu mari mempersiapkan diri kita untuk lebih banyak mempelajari tentang Islam utamanya huruf Tajwid Al-Qur’an ini karena membaca ayat Suci Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan akan mendapatkan nilai ibadah dan pahala serta kita bisa lebih paham tentang ilmu Tajwid ini,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa membaca Al¬Quran dengan baik dan benar adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Hukum mempelajari ilmu tajwid secara teori adalah fardhu kifayah, sedangkan membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid hukumnya fardhu ‘ain.

“Oleh karena itu, sebagai seorang Muslim kita wajib mengetahui tentang tata cara dalam membaca kitab suci Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan dalam hukum ilmu Tajwid,” jelasnya.

Budi Utomo, salah satu peserta ceramah agama ini menyampaikan bahwa tujuan dari materi ini adalah agar personel lantamal VI dapat memahami dengan baik bagaimana tentang cara membaca alquran dengan baik dan benar sesuai hukum Tajwid.

 

(Redaksi)

loading...