PB, Jakarta — Dengan modus bisa mengurus sengketa tanah, TNI gadungan yang diketahui bernama Rizal Sezar Quin (29) warga Desa Taba Renang Kecamatan Selangit diamankan oleh anggota Unit Intel Kodim 0406/ MLM, Selasa (14/5).

Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolres Lubuklinggau, guna pemeriksaan lebih lanjut dengan barang bukti Kartu anggota Pemuda Panca Marga (PPM) dan senjata api mainan.

Kepada korbannya Samsul (65) warga Kelurahan Batu Urip, pelaku mengaku dapat mengurus masalah tanah yang sengketa milik istrinya.

Pelaku juga mengaku sebagai anggota TNI Kodim 0406/MLM yang bisa menyelesaikan permasalahan tanah yang disengketakan itu.

Lanjutnya, untuk itu pelaku memintainya  uang sebesar Rp 2.400.000 untuk biaya mengurus tanah tersebut.

Namun kata Samsul, setelah uang tersebut diberikan tanah tersebut belum juga diurusnya.

“Bahkan Rizal meminta uang kembali sebesar Rp 2.000.000 juta tambahan mengurus tanah tersebut, dan hingga saat inj tanah tersebut belum selesai diurus,” ujarnya.

Sehingga Samsul menghubungi keluarganya untuk meminta bantuan mencarikan uang sebesar tersebut, setelah diselidiki dengan menghubungi anggota Unit Intel Kodim 0406/MLM, ternyata Rizal bukan lah anggota Kodim 0406/MLM.

Kemudian Samsul bersama dengan anaknya bernama Herlina yang tinggal di Kelurahan Petanang, untuk menjebak dan menangkap tersangka di rumah Herlina.

“Kami pancing dan berpura-pura akan memberikan uang, setelah ketemu dan anggota Unit Intel Kodim 0406/MLM langsung menangkapnya,”kata Herlina.

Herlina mengungkapkan jika kenal Rizal dari Suaminya Ruslan Efendi, Suaminya hanya kenal baru denga Rizal dan mengaku anggota TNI, sebab itu Herlina belum mengetahui kalau Rizal adalah anggota TNI gadungan.

“Suami baru juga kenal dan hanya kenal-kenal saja pak,”tutupnya.

 

(Redaksi)

loading...